Festival Seni DKJ 2023 Pengetahuan dan Pengalaman

JABAR EKSPRES – DKJ Fest 2023, acara seni tahunan yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), telah sukses menghadirkan pengetahuan dan pengalaman seni bagi masyarakat luas. Dalam dua pekan terakhir, acara ini menyajikan berbagai kegiatan, termasuk pertunjukan seni, pameran, diskusi, lokakarya, sayembara karya, dan pemutaran film.

Baca Juga: Peringkat Universitas Terbaik! UI Kalahkan ITB

Ketua DKJ, Danton Sihombing, menjelaskan bahwa DKJ Fest 2023 bertujuan untuk menjadi platform kesenian yang menyatukan beragam pengetahuan dan pengalaman seni yang berkualitas. Acara ini tidak hanya melibatkan komunitas seni, tetapi juga masyarakat umum di luar komunitas seni. Partisipasi publik ini dianggap sebagai pencapaian penting dalam menyampaikan pesan-pesan seni kepada masyarakat secara luas.

DKJ Fest 2023 telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sejak 20 Juni, termasuk presentasi laboratorium untuk memperkuat ekosistem seni pertunjukan, gelar wicara tentang tari, pekan koreografi Indonesia, pameran arsip koleksi DKJ, pameran maestro film Indonesia, pemutaran film, dan lokakarya tentang lukisan poster dan storyboard film.

Tema “KELINDAN: Meretas Kahar Ekosistem Seni” yang diusung oleh DKJ Fest 2023 menggambarkan kepedulian terhadap situasi ruang seni di Jakarta. Acara ini ingin menyampaikan pernyataan artistik tentang konsekuensi revitalisasi terhadap keberlanjutan ekosistem seni. DKJ Fest 2023 juga berhasil melibatkan masyarakat luas dalam mendiskusikan masalah-masalah seni, bukan hanya kalangan seniman.

Melalui DKJ Fest 2023, DKJ telah menciptakan wadah bagi seniman, komunitas seni, dan masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman tentang seni. Acara ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai seni melalui pameran, pertunjukan, diskusi, dan lokakarya. Pameran arsip koleksi DKJ dan maestro film Indonesia juga menjadi penghargaan terhadap warisan seni Indonesia.

Baca Juga: Mata Uang Dolar AS Menguat, Fed Proyeksikan Kenaikan Suku Bunga

DKJ Fest 2023 bukan hanya sekadar festival seni, tetapi juga upaya nyata untuk memperkuat dan melestarikan ekosistem seni di Jakarta. Melalui penyajian pengetahuan dan pengalaman seni yang kaya, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai dan mendukung perkembangan seni serta mengakui pentingnya seni dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan