Mengenal Sport Tourism Lewat Ajang Fornas VII 2023 di Jawa Barat

JABAR EKSPRES – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII Indonesia yang diselenggarakan di di Kabupaten Bandung Jawa Barat ini  digelar tak hanya sekedar perlombaan saja, namun juga sebagai ajang pengenalan Sport Tourism.

Salah satu venue gelaran Fornas ini adalah Ciwidey dan Ranca Upas. Dadan Helpiandi Kepala Divisi 1 Kegiatan Jenis Olahraga Fornas VII 2023 mengatakan sengaja memilih venue pertandingan di beberapa lokasi wisata di Kabupaten Bandung untuk mempopulerkan Sport Tourism.

“Jadi sekalian untuk mengenalkan wilayah wisata di Kabupaten Bandung,” ujar Dadan saat konferensi pers, Selasa (4/7/2023) malam.

BACA JUGA: Demi Cegah Tulang Keropos di Usia Senja, Fornas ke VII Adakan Inorga Osteo Dance Sejak Dini

Dadan menjelaskan, sebanyak 22.000 pegiat olahraga dan 3000 official bisa menjadi pasar yang bagus untuk mengenalkan kawasan wisata di Kabupaten Bandung ini.

“Makanya kita sengaja memilih di lokasi wisata untuk semakin mempopulerkan “sport tourism”, di antaranya ada di cabang pertandingan pencak silat dan olahraga pernapasan,” katanya.

Selain itu, para pegiat olahraga pun bisa sambil bertanding dan menikmati kawasan wisata dan kuliner yang ada disini.

“Selain bertanding, silahkan untuk menikmati kawasan wisata dan tentunya berbelanja dan menikmati kuliner Bandung,” jelasnya.

Dadan mengungkap jika Fornas ini bukan sebagai ajang persaingan olahraga prestasi, namun tujuan utamanya adalah untuk membudayakan olahraga di masyarakat.

BACA JUGA: Belum 24 Jam, Pelaku Pemerasan di Bandung Berhasil Ditangkap, Polisi ‘Hadiahi’  Timah Panas

“Tanpa melihat usia, gender dan tak harus merupakan seorang atlet. Siapa saja dapat ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

“Bahkan Perolehan medali bukan patokan dan tujuan utama kegiatan ini. Klasemen diadakan agar pegiat olahraga ini memiliki tujuan dan tantangan untuk jadi pemenang,” lanjutnya.

Hingga hari kedua sampai pukul 19.00 WIB, tiga besar klasemen perolehan medali dalam Fornas VII 2023 masih dipimpin oleh Jawa Barat. Unggul di posisi pertama dengan meraih 9 medali emas, 12 perak dan sembilan perunggu.

Disusul peringkat kedua ada Jawa Timur dengan meraih 7 emas, 9 perak dan 4 perunggu. Kemudian peringkat ketiga DKI Jakarta meraih 6 emas, 3 perak, dan 4 perunggu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan