Lengkap! Ini Cara Transfer Chat WhatsApp Pakai QR Code

JABAR EKSPRES – Fitur terbaru WhatsApp (WA) saat ini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, pengguna bisa melakukan transfer riwayat chat WA dengan memakai QR code atau kode QR. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui unggahannya di Facebook pada 30 Juni 2023.

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna tidak perlu repot untuk melakukan transfer riwayat chat dengan bantuan aplikasi tambahan atau lain sebagainya.

Cara baru yang lebih efesien dan aman ini bisa dilakukan untuk mentransfer riwayat chat dari ponsel lama ke ponsel yang baru hanya dengan QR code.

Sehingga fitur ini dapat memungkinkan pengguna yang ingin memindahkan data riwayat obrolan dari sistem operasi yang sama, baik menggunakan Android maupun iOS.

Menariknya lagi, tidak hanya riwayat chat atau obrolan saja yang dapat dipindahkan. Melainkan riwayat media, termasuk foto, video, hingga dokumen juga bisa ditransfer.

Proses pemindahan riwayat chat ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Hanya pelu melakukan scan lalu menunggu selama beberapa saat hingga proses transfer selesai.

Fitur ini sudfah tersedia secara global dan bisa dinikmati oleh pengguna WhatsApp Android untuk versi 2.23.13.4 dan iOS versi 2.23.12.76.

Baca Juga: Resmi Rilis, Begini Cara Gunakan Fitur Bisukan Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp!

Sebelum mengetahui cara lengkap untuk mentransfer riwayat obrolan WA, kamu perlu mengetahui syarat khusus untuk bisa menggunakan fitur tersebut, diantaranya:

  • Fitur baru ini dapat digunakan dari sistem perangkat yang sama (sesama Android atau iOS)
  • Data dienkripsi dibagikan melalui jaringan lokal kedua perangkat, sehingga proses pemindahan lebih aman dan pribadi.
  • Pastikan untuk menyalakan perangkat dan menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Berikan izin WhatsApp agar bisa mengakses kamera sebelum melakukan proses transfer.
  • Nomor di ponsel baru dan lama yang didaftarkan harus sama.
  • Pemindahan data dapat dilakukan untuk obrolan pribadi, foto, video, dokumen, dan lainnya kecuali untuk riwayat panggilan.

Baca Juga: Whatsapp Business Keluarkan Dua Fitur Baru, Bermanfaat untuk UKM

Adapun cara untuk melakukan transfer chat WA dengan QR code ini antara lain sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan