Puing-Puing Kapal Selam Titan diangkut: Ada Potongan Tubuh Diduga Sisa Korban Ledakan

JABAR EKSPRES – Para petugas telah berhasil mengangkut puing-puing kapal selam wisata eksplorasi bangkai kapal Titanic, yang dikenal sebagai Kapal Selam Titan, ke permukaan laut. Pada hari Rabu (28/6/2023), puing-puing tersebut tiba di St. John, Kanada. Dalam proses evakuasi, para petugas menemukan kerangka pendaratan kapal selam dan penutup bagian belakang di antara reruntuhan.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan oleh penjaga pantai, dijelaskan bahwa ahli kesehatan dari Amerika Serikat akan melakukan analisis formal terhadap potongan tubuh yang diduga merupakan sisa-sisa korban ledakan yang ditemukan di antara puing-puing kapal tersebut.

Saat ini, lembaga yang bertanggung jawab sedang melakukan penyelidikan awal untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut. Marine Board of Investigation Coast Guard (MBI) akan membawa bukti-bukti ke pelabuhan Amerika Serikat guna dilakukan analisis dan pengujian lebih lanjut.

Melansir dari berbagai sumber ketua MBI, Kapten Jason Neubauer, mengungkapkan, “Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan hilangnya Kapal Selam Titan dan juga membantu mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan.” Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan internasional dan kerjasama antar lembaga dalam upaya pemulihan dan pelestarian bukti-bukti penting ini, yang ditemukan dalam jarak dan kedalaman laut yang ekstrem.

Baca Juga: Walikota Meksiko Rela Menikahi Buaya Demi Mensejahterakan Warga Kota

Kapal selam Titan mengalami ledakan dahsyat pada 18 Juni yang menyebabkan lima orang tewas. Korban-korban tersebut adalah Stockton Rush (61), Hamish Harding (58), Shahzada Dawood (48), Suleman Dawood (19), dan Paul-Henry Nargeolet (77).

Awalnya, para petugas memiliki keraguan tentang kemungkinan menemukan potongan tubuh korban. “Laut dalam ini merupakan lingkungan yang sangat keras di dasar laut,” kata Laksamana John Mauger dari Penjaga Pantai ketika kapal tersebut dinyatakan hilang.

Kapten Neubauer mengatakan bahwa jika ditemukan potongan tubuh manusia, penyelidik akan mengambil “segala tindakan pencegahan yang diperlukan.” Penyelidikan kemungkinan akan mencakup sidang formal dengan keterlibatan saksi-saksi.

Sejauh ini, Penjaga Pantai melaporkan bahwa mereka telah menemukan lima bagian utama kapal selam sekitar 487 meter di dekat haluan Titanic.

Tinggalkan Balasan