Pendaftaran Beasiswa Santri 2023 Sudah Dibuka Sampai 13 Juli, Apa Saja Syarat Dokumen yang Harus Dipersiapkan? Simak Disini

JABAR EKSPRES – Buat kamu yang masih bingung cari peluang beasiswa apa, kini pendaftaran beasiswa santri 2023 sudah mulai dibuka dan menjadi kesempatan besar untuk kamu.

Pendaftaran Program Besiswa Santri Berprestasi (PBSB) telah dibuka mulai hari ini secara daring atau online yang dimana pendaftaran ini akan dilakukan selama sebelas hari yaitu 3 – 13 Juli 2023.

Baca juga: Cek Jadwalnya Sekarang! Pendaftaran Beasiswa Santri 2023 Sudah Dibuka

“Alhamdulillah, sebagaimana direncanakan, mulai hari ini pendaftaran PBSB secara online telah kami buka. Kami undang para santri untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” terang Waryono Abdul Ghofur, di Jakarta.

Menurutnya, beasiswa santri 2023 ini akan menjadi peluang besar untuk para calon peserta yang ingin mendaftar.

PBSB 2023 merupakan program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Kolaborasi ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP) bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang setara.

Ada 23 pilihan perguruan tinggi mitra dan 85 program studi di PBSB melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP) tahun ini.

Program yang dapat dipilih oleh para calon peserta santri diantaranya Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi dan Sosial Humaniora. “Penting untuk diingat bahwa pendaftar hanya diperkenankan memilih satu prodi saja saat mendaftar PBSB 2023,” tegas Waryono.

Ada 1.000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/.

“PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren,” terang Waryono.

Berikut Persyaratan Umum Beasiswa Santri 2023:

  1. Santri Warga Negara Indonesia.
  2. Santri asal dari pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) dan aktif melakukan pemutakhiran data pada EMIS Ditjen Pendidikan Islam.
  3. Santri asal dari Satuan Pendidikan PDF/SPM/PKPPS/Ma’had Aly dan/atau MAS/MAN/SMA/SMK yang diselenggarakan dan/atau terintegrasi dan/atau berada di lingkungan Pesantren dan/atau menjadi bagian dari Pesantren.
  4. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut, dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren.
  5. Memiliki akhlaq terpuji dan layak mengikuti seleksi PBSB direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.
  7. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.
  8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.
  9. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai moderasi beragama, nasionalisme, patriotisme serta integritas.
  10. Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan