Cek Jadwalnya Sekarang! Pendaftaran Beasiswa Santri 2023 Sudah Dibuka

JABAR EKSPRES – Buat kamu yang masih bingung cari peluang beasiswa apa, kini pendaftaran beasiswa santri 2023 sudah mulai dibuka dan menjadi kesempatan besar untuk kamu.

Pendaftaran Program Besiswa Santri Berprestasi (PBSB) telah dibuka mulai hari ini secara daring atau online yang dimana pendaftaran ini akan dilakukan selama sebelas hari yaitu 3 – 13 Juli 2023.

Baca juga: 11 Daftar Beasiswa yang Masih Tersedia di Universitas Muhammadiyah Surabaya Hingga Bulan Agustus 2023!

“Alhamdulillah, sebagaimana direncanakan, mulai hari ini pendaftaran PBSB secara online telah kami buka. Kami undang para santri untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” terang Waryono Abdul Ghofur, di Jakarta.

Menurutnya, beasiswa santri 2023 ini akan menjadi peluang besar untuk para calon peserta yang ingin mendaftar.

PBSB 2023 merupakan program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Kolaborasi ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP) bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang setara.

Ada 23 pilihan perguruan tinggi mitra dan 85 program studi di PBSB melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP) tahun ini.

Program yang dapat dipilih oleh para calon peserta santri diantaranya Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi dan Sosial Humaniora. “Penting untuk diingat bahwa pendaftar hanya diperkenankan memilih satu prodi saja saat mendaftar PBSB 2023,” tegas Waryono.

Ada 1.000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/.

“PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan Pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren,” terang Waryono.

Berikut Jadwal Pendaftaran Beasiswa Santri 2023:

  1. Periode Pendaftaran PBSB Online: 3 – 13 Juli 2023
  2. Seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi): 3 – 15 Juli 2023
  3. Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 17 Juli 2023
  4. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tes Berbasis Elektronik: 18 Juli 2023
  5. Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 20 Juli 2023
  6. Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 24 Juli 2023
  7. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Seleksi PBSB Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 26 Juli 2023
  8. Periode Pelaksanaan Seleksi Tahap 3 (Tes Wawancara/Tes Lisan Online): 28 – 31 Juli 2023 (Menyesuaikan Jumlah Peserta)
  9. Pengumuman Kelulusan PBSB 2023: 7 Agustus 2023
  10. Pendaftaran Ulang Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing
  11. Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing
  12. Pencairan dan Penyaluran Dana PBSB: September – Oktober 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan