Manfaat Rendaman Bawang Putih dan Madu, Berikut Cara Membuatnya

JABAR EKSPRES – Siapa yang tidak mengenal manfaat rendaman bawang putih dan madu?? Bumbu dan bahan yang satu ini telah menjadi favorit dalam berbagai masakan.

Namun, tahukah Anda bahwa rendaman bawang putih dan madu sebenarnya bisa menjadi lebih dari sekadar bumbu masakan? Mari kita temukan fakta menarik seputar manfaat rendaman bawang putih dan madu bagi kesehatan tubuh.

Rendaman bawang putih dan madu ini di buat dengan merendam bawang putih dan madu dalam wadah tertutup seperti toples selama beberapa jam hingga berhari-hari. Metode fermentasi ini memungkinkan bawang putih menjadi lebih awet dan memberikan rasa yang khas pada masakan.

Baca juga :  Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Rempah-rempah, Kolesterol Turun Secara Alami!

Beberapa hidangan yang menggunakan rendaman bawang putih antara lain mie ayam, nasi goreng, dan kuah bakso. Tak dapat di pungkiri, hidangan dengan tambahan rendaman bawang putih memiliki cita rasa yang lebih gurih dan aromanya yang menggugah selera.

Manfaat Rendaman Bawang Putih dan Madu

Tidak hanya memperkaya masakan, rendaman bawang putih juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat rendaman bawang putih dan madu yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menurut penelitian yang berjudul “Efek Metode Pengolahan yang Berbeda terhadap Kemampuan Antioksidan dan Stimulasi Kekebalan Bawang Putih”, bawang putih yang difermentasikan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Rendaman bawang putih mengandung antioksidan dan antibakteri alami yang membantu melawan bakteri berbahaya dalam tubuh, sehingga menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Semakin lama bawang putih direndam, kandungan antioksidannya pun semakin tinggi.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam rendaman bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, terutama jika dicampur dengan madu. Kombinasi bawang putih dan madu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurangi kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

  1. Mempertahankan Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam rendaman bawang putih juga dapat melindungi dan menjaga kesehatan otak. Antioksidan tersebut dapat mencegah berbagai penyakit otak seperti demensia dan Alzheimer. Rendaman bawang putih juga mengandung asam kyolic yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang melindungi otak dari penyakit saat penuaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan