Bacaan Sholawat Jibril dan Nilai Pahalanya

JABAR EKSPRES – Ketika seseorang mencintai orang lain, maka dia akan memberikan bukti atas kecintaannya, termasuk cinta kepada Rosulullah. Maka salah satu buktinya adalah dengan mengirimkan Sholawat atas namanya. Salah satunya adalah sholawat jibril yang ternyata memiliki nilai pahala yang luar biasa.

Sholawat Jibril merupakan salah satu dari ratusan Sholawat yang menjadi favorit warga NU. Sholawat ini memiliki irama yang mudah diikuti dan lafals yang gampang dihafal. Karenanya banyak anak-anak yang sudah hafal sholawat ini.

Membaca sholawat jibril secara rutin ternyata memiliki keutamaan atau nilai pahala yang laur biasa, hal ini karena sholawat merupakan bukti kecintaan seorang muslim kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Salah satu manfaat membaca sholawat adalah bisa menghilangkan kesediha, hal ini terdapat dalam salah satu haidts, dimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama pun bersabda :

“Jika demikian, kesedihanmu akan sirna dan dosa-dosamu akan terampuni.” (HR. At-Tirmidzi no. 2457)

Begitu pun, Allah ‘Azza Wajalla berfirman,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

Baca juga :  Dahsyatnya Sholawat Badar Favorit Warga NU, Ternyata Artinya Luar Biasa

Keutamaan lain dari bersholawat kepada Nabi Muhammad adalah akan mendapatkan syafaat di hari kiamat, hal ini diriwayatkan oleh Ath Thabrani :

من صلى على حين يصبح عشرا وحين يمسي عشرا أدركته شفاعتي يوم القيامة

“Barangsiapa berselawat kepadaku 10 kali di pagi dan sore hari, maka ia mendapat syafaatku di hari kiamat.” (HR. Ath-Thabrani dan dinilai lemah oleh para ulama seperti Syekh Al-Albani rahimahullahu)

Beliau rahimahullahu menukil ucapan,

وقضية اللفظ حصول الصلاة بأي لفظ كان وإن كان الراجح الصفة الورادة في التشهد

“Poinnya adalah yang penting maksud selawat atau kandungan doa dalam selawat tersampaikan dengan lafaz apapun. Meskipun yang tepat adalah dengan lafaz sebagaimana ketika seorang duduk tasyahhud.”

Berikut bacaan Sholawat Jibril secara lengkap dengan terjemahannya.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallah ala muhammad
Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallah alaihi wasallam
Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah).

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallah ala muhammad
Semoga shalawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad.

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallah alaihi wasallam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan