3 PTN Pakai Nilai UTBK untuk Pendaftaran Jalur Mandiri Hingga Bulan Juli dan Biaya Pendaftarannya!

JABAR EKSPRES – Buat kamu yang tidak lolos Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) yang telah di umumkan hasil SNBT pada 20 Juni 2023, tidak perlu khawatir kamu masih bisa daftar PTN pakai nilai UTBK.

Beberapa Universitas di Indonesia telah membuka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri menggunakan nilai UTBK, kamu bisa mengikuti seleksi mandiri di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Baca juga: Catat Sekarang Juga! Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Petrokimia Gresik Jenjang S1 2023

Perguruan Tinggi Negeri memiliki persyaratan, penilaian, dan jadwal seleksi yang berbeda – beda dalam hal penerimaan mahasiswa baru.

Persyaratan, penilaian, dan jadwal seleksi ini masih sesuai dengan aturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri PTN memiliki batasan kuota paling banyak 50% untuk PTN berbadan hukum dan paling banyak 30% untuk PTN selain berbadan hukum.

Setelah itu masing-masing PTN akan mengumumkan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima, besaran biaya, dan sampai jumlah peserta yang telah lolos seleksi.

Berikut Daftar PTN Pakai Nilai UTBK:

  1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pendaftaran jalur mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini telah dibuka sampai hari Selasa, 4 Juli 2023 dengan nilai UTBK atau UM-PTKIN 2023.

Untuk mengikuti seleksi masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jalur nilai Ujian, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

 

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Pendaftaran jalur mandiri UNY telah dibuka sampai hari Sabtu, 15 Juli 2023 pukul 15:00 WIB dengan nilai UTBK – SNBT 2023.

Jalur ini akan menerima peserta didik baru prodi S1 saja dan untuk mengikuti seleksi masuk UNY jalur nilai ujian, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

 

  1. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Pendaftaran jalur mandiri UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah di buka sampai hari Minggu, 9 Juli 2023 dengan nilai UTBK atau UM-PTKIN 2023.

Untuk mengikuti seleksi masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh jalur ujian, kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

Baca juga: Cek Sekarang! Hasil Tes Online Rekrutmen Bersama BUMN Tahap 1 Diumumkan Hari Ini, Simak Tata Cara Ceknya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan