Kapolres Cimahi Sebut Desa Cikole Lembang Masuk Wilayah Rawan Konflik Pilkades Serentak KBB

JABAR EKSPRES – Dari hasil mitigasi, Polres Cimahi mencatat ada dua titik atau desa yang masuk kategori rawan konflik Pilkades serentak Kabupaten Bandung Barat (KBB). Salah satu dari dua desa itu adalah Desa Cikole Kecamatan Lembang.

Hal itu diungkapkan Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono usai melaksanakan Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-77 di Makodim 0609 Cimahi, Jalan Gatot Subroto, Sabtu (1/7).

”Dari laporan Kapolsek dan intelijen perlu kesiapan khusus, perlu mitigasi khusus di Desa Cikole. Insyaalloh di sana personel kita pertebal,” ungkapnya.

Aldi mengaku, sejauh ini pihaknya sudah siap melaksanakan pengamanan mulai dari tahap persiapan hingga dengan pelaksanaan. ”Insyaallah semua bisa kita kendalikan. Mudah-mudahan aman terkendali,” ucapnya.

Untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tersebut, pihaknya menerjunkan sebanyak 200 personel yang akan ditempatkan di TPS-TPS. Jumlah itu sesuai dengan hasil analisis dari para Kapolsek dan intelijen.

”Kami juga akan mendapat dukungan pengamanan dari pihak Kodim 0609 Cimahi/Bandung Barat,” katanya.

Insyaallah kita bisa menciptakan kondusifitas saat pelaksanaan Pilkades ini,” lanjutnya.

Untuk menciptakan kondusifitas, Aldi pun mengimbau kepada masyarakat, khususnya di 12 desa yang melaksanakan Pilkades serentak untuk mendukung siapa pun kepala desa yang terpilih.

”Siapa pun yang kalah dan menang kita harus legowo. Harus menerima. Ada masalah silahkan lapor kepada panita dan kami pihak kepolisian,” tandasnya.

12 Desa dari Sembilan Kecamatan Gelar Pilkades Serentak

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung Barat sendiri bakal dilaksanakan Minggu, 2 Juli 2023. Ada 12 desa dari Sembilan kecamatan yang bakal melaksanakan Pilkades serentak di Bandung Barat.

Dua belas desa tersebut adalah tiga desa di Kecamatan Lembang, yakni, Desa Cikole, Desa Pagerwangi dan Desa Sukajaya. Kemudian Desa Cipada Kecamatan Cisarua, Desa Mandalamukti Kecamatan Cikalong Wetan, dan Desa Ciroyom Kecamatan Cipeundeuy.

Selanjutnya, Desa Mandalawangi Kecamatan Cipatat, Desa Galanggang Kecamatan Batujajar, Desa Jati di Kecamatan Saguling, Desa Budiharja Kecamatan Cililin, Desa Mukapayung Kecamatan Cililin, serta Desa Cibitung Kecamatan Rongga. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan