Apa Itu Inafis? Tim Kepolisian yang Tangani Penemuan Mayat di Kabupaten Sumedang, Ternyata Ini Perannya

JABAR EKSPRES – Tim Inafis Polres Sumedang turun tangan untuk menindaklanjuti penemuan mayat berjenis kelamin laki-laki di bawah jembatan Ragadiem RT 02 RW 06, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Mayat tersebut ditemukan oleh warga pada Sabtu, 1 Juli 2023 sekira pukul 07.00 WIB.

Sebelumnya, Polres Sumedang menerima laporan terkait penemuan mayat berjenis kelamin laki-laki di bawah jembatan Ragadiem, Kabupaten Sumedang. Kemudian tim Inafis pun dikerahkan untuk mengungkap kasus tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi bernama Dadang, awalnya ia tidak menyangka bahwa yang ditemukannya di bawah jembatan Ragadiem Kabupaten Sumedang itu adalah mayat manusia. Lantaran, katanya, kondisi tertutup karung dan ia sempat menyangka bahwa itu bangkai anjing.

BACA JUGA: Identitas Mayat di Bawah Jembatan Terungkap, Polres Sumedang Lakukan Pendalaman

Setelah dipastikan, Dadang pun menjelskan bahwa memang benar apa yang dia lihat adalah jasad manusia dalam kondisi sudah tidak bernyawa dan tubuhnya membengkak, kemudian ia melaporkan ke pihak RW setempat, RW pun melaporkan ke Polres Sumedang hingga tim Inafis pun dikerahkan.

Lalu, apa itu Inafis dan apa perannya dalam kepolisian?

Dikutip JabarEkspres.com dari berbagai sumber pada Sabtu, 1 Juli 2023, Inafis adalah singkatan dari Automatic Fingerprint Identification System. Inafis merupakan bagian dari kepolisian di Indonesia.

BACA JUGA: Geger! Penemuan Mayat Tertutup Karung di Kolong Jembatan Sumedang Selatan, Inafis Lakukan Penanganan

Sebagai informasi, Inafis merupakan pelaksana teknis di bidang identifikasi yang berada di bawah Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Polri. Termasuk juga Inafis Polres Sumedang yang menangani penemuan mayat tertutup karung di bawah jembatan Ragadiem pada Sabtu, 1 Juli 2023 tersebut.

Sementara itu, tugas Inafis adalah membina dan menyelenggarakan fungsi identifikasi untuk mendukung penyidikan dan penegakan hukum. Hal ini juga dilakukan oleh Tim Inafis Polres Sumedang dalam mengungkap temuan mayat laki-kaki tertutup karung di bawah jembatan Ragadiem.

Fungsi Pusat Inafis atau Pusinafis

Pemeriksaan terhadap barang bukti dan manusia sesuai dengan bidang atau bagian dalam rangka pembuktian secara ilmiah pada proses penyidikan dan penegakan hukum, baik pada tingkat pusat maupun kewilayahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan