Tips Mengolah Daging Kurban agar Kolesterol Tidak Naik

JABAR EKSPRES – Idul Adha merupakan peristiwa yang di nanti-nantikan oleh umat Muslim untuk bisa mengkonsumsi daging kurban sesuka hati. Biasanya, momen ini di isi dengan berbagai kegiatan, seperti berkumpul bersama keluarga sambil menikmati berbagai hidangan daging yang di olah dengan berbagai macam.

Namun, bagi sebagian orang mengkonsumsi daging menjadi khawatir, terutama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Baca juga : Jangan Panik, Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Keracunan Makanan

Jumlah konsumsi daging kurban yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa tips dalam mengolah daging kurban agar tetap enak dan mencegah peningkatan kolesterol.

1. Menghindari Daging Berlemak

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah menghindari konsumsi daging berlemak. Daging berlemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, dalam mengolah daging kurban, di sarankan untuk memilih yang memiliki sedikit lemak. Hal ini akan mencegah peningkatan kadar kolesterol dan tetap dapat menikmati hidangan daging saat Idul Adha.

2. Mengenali Daging Tinggi Lemak

Biasanya, paket daging kurban akan berisi berbagai jenis daging. Oleh karena itu, setiap orang harus selektif dalam memilih daging yang akan di olah.

Beberapa jenis daging mengandung tinggi lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lebih baik memilih potongan sapi yang memiliki sedikit lemak, seperti gandik, tanjung, serta bagian atas dan ujung sirloin.

Lemak sapi mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

3. Memperhatikan Cara dan Bahan Memasak

Selain memilih daging dengan bijaksana, penting juga untuk memperhatikan cara memasaknya.

Ada dua metode memasak yang di sarankan, yaitu memanggang dan merebus. Kedua cara ini lebih baik dalam mencegah peningkatan kadar kolesterol. Sebaiknya menghindari menggoreng daging.

Selain itu, untuk menjaga kadar kolesterol terkendali, di sarankan untuk menambahkan sejumlah sayuran seperti brokoli, bayam, terong, kubis mini, dan wortel dalam hidangan. Sayuran kaya serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan menyerap lemak di usus halus dan mengikat asam empedu, sehingga akan dikeluarkan melalui feses.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan