Telegram Bakal Mengeluarkan Fitur Stories seperti Instagram dan Whatsapp

JABAR EKSPRES – Telegram telah mengikuti jejak WhatsApp dan Instagram dengan memperkenalkan fitur Stories.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi konten yang sifatnya ephemeral dan akan menghilang setelah jangka waktu tertentu. Rencananya, fitur ini akan di luncurkan pada bulan depan.

Pavel Durov, CEO Telegram, mengungkapkan melalui unggahan di channel pribadinya bahwa banyak pengguna telah meminta adanya fitur Stories di Telegram selama bertahun-tahun.

Baca juga : Masih Rumor akan Peluncurannya, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

Tapi, pada awalnya ia dan perusahaan menolak karena fitur tersebut sudah ada di berbagai platform lain. Namun, Telegram akhirnya mengubah pikiran dan mendengarkan permintaan pengguna.

Mengenal Fitur Stories Telegram

Fitur Stories ini di kabarkan akan menawarkan lebih banyak opsi kustomisasi di bandingkan dengan platform lain.

Fitur ini akan di tampilkan dalam bentuk lingkaran-lingkaran di atas daftar chat, serupa dengan tampilan Stories di Instagram.

Pengguna akan dapat mengatur siapa yang dapat melihat Stories mereka, seperti untuk publik, kontak tertentu, atau Close Friends.

Pengguna juga dapat menambahkan caption, link, dan melakukan tag pengguna lain dalam Stories mereka.

Selain itu, pengguna Telegram dapat membagikan foto dan video yang di ambil menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan, mirip dengan fitur postingan di platform BeReal.

Jika pengguna tidak ingin melihat Stories dari seseorang, mereka dapat memindahkan kontak tersebut ke dalam daftar ‘Hidden’.

Pengguna juga memiliki opsi untuk menampilkan Stories secara permanen di profil mereka, namun mereka tetap dapat mengontrol tingkat privasi untuk setiap postingan.

Salah satu fitur menarik dari Stories di Telegram adalah pengguna dapat mengatur waktu berapa lama Stories mereka akan tetap tersedia.

Selain opsi 24 jam yang umumnya di gunakan di platform lain, Telegram juga menyediakan opsi enam, 12, atau 48 jam.

Baca juga : 5 Daftar HP Lipat yang Dikabarkan Keluar di Tahun 2023

Durov menyatakan bahwa Telegram telah menguji fitur Stories ini secara internal dan saat ini berada dalam fase uji coba akhir. Rencananya, Telegram akan merilis fitur ini pada bulan Juli mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan