Penyebab dan Tips Ampuh Mengatasi Masalah Kaki Bengkak

JABAR EKSPRES – Apakah Anda pernah mengalami kaki bengkak, jika ya ketahui penyebab dan cara untuk mengatasinya,

Anda  menyadari bahwa pembengkakan pada kaki sangat mengganggu. Selain merasa tidak nyaman, sulit juga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Namun, jangan meremehkan pembengkakan kaki. Kemungkinan besar itu adalah salah satu tanda adanya penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Lalu, apa sebenarnya penyebab terjadinya pembengkakan pada kaki? Dan bagaimana cara mengatasinya? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai topik tersebut.

Baca juga : 7 Tips Efektif Mengatasi Anak yang Susah Makan

Penyebab Pembengkakan Kaki

Secara umum, pembengkakan pada kaki bisa di sebabkan oleh cedera fisik, di mana kaki mengalami pembengkakan dan rasa sakit.

Namun, selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Berikut adalah 10 penyebab utama pembengkakan kaki yang kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan.

1. Kehamilan

Salah satu gejala umum kehamilan adalah pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki. Hal ini di sebabkan oleh peningkatan tekanan pada pembuluh darah.

2. Preeklampsia

Jika pembengkakan pada kaki semakin parah selama kehamilan, ini bisa menjadi gejala preeklampsia. Preeklampsia adalah kondisi di mana tekanan darah dan kadar protein meningkat secara signifikan.

Kondisi ini sering terjadi selama kehamilan dan sesaat setelah melahirkan. Preeklampsia perlu di waspadai karena dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius yang di sebut eklampsia, yang berisiko bagi kesehatan ibu dan janin.

3. Edema

Edema adalah kondisi di mana sebagian tubuh mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan dalam jaringan tubuh. Pembengkakan sering terjadi pada tungkai kaki, tetapi juga dapat terjadi pada bagian tubuh lain seperti wajah atau perut.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan edema antara lain :

– Berdiri atau duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama

– Konsumsi makanan yang tinggi garam

– Kelebihan berat badan

– Kehamilan

– Penggunaan obat-obatan tertentu

– Digigit oleh serangga

– Gangguan pada ginjal

– Hati atau jantung

– Penyumbatan pembuluh darah

– Dan infeksi.

4. Cedera Kaki

Cedera kaki, seperti kaki terkilir, merupakan penyebab umum dari pembengkakan pada kaki. Penting untuk segera mengobati cedera kaki, karena jika tidak diobati dengan tepat, pembengkakan dapat semakin membesar dan menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah.

Tinggalkan Balasan