Pentingnya Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Mineral bagi Kesehatan Tubuh

JABAR EKSPRES – Mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral merupakan komponen penting dalam menjaga fungsi otak dan jantung yang juga berperan dalam produksi hormon dan enzim dalam tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan mineral tersebut, penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang kaya mineral secara alami.

Baca juga : Pisang Sangat Bermanfaat untuk Perawatan Rambut, Begini Cara Menggunakannya

Beberapa jenis makanan yang mengandung mineral dapat membantu memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Daftar Makanan yang Mengandung Mineral

1. Alpukat

Alpukat mengandung mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan tembaga. Kalium yang terkandung dalam alpukat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu, magnesium berperan penting dalam mendukung fungsi otot, saraf, dan juga produksi energi. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat, serat, dan vitamin.

2. Buah beri

Buah beri seperti blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry juga merupakan sumber mineral yang baik. Buah-buahan ini mengandung kalium, magnesium, dan mangan yang penting untuk metabolisme energi, fungsi sistem saraf, dan menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, kandungan mineral dalam buah-buahan ini juga mendukung pertumbuhan tulang.

3. Kacang Kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan makanan yang kaya mineral. Sebagai contoh, kacang Brazil mengandung banyak selenium, serta mengandung magnesium, zinc, mangan, tembaga, selenium, dan fosfor.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi pilihan camilan sehat atau ditambahkan ke dalam salad atau smoothies.

4. Kerang

Kerang-kerangan seperti kerang dan tiram, merupakan sumber mineral yang konsentrasinya tinggi, seperti zinc, tembaga, selenium, dan zat besi. Mengonsumsi kerang-kerangan membantu memenuhi kebutuhan zinc, terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Zinc merupakan mineral penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

5. Ikan Sarden

Ikan sarden juga merupakan makanan yang mengandung banyak mineral dan vitamin. Dengan mengonsumsi sepiring ikan sarden (sekitar 106 gram), kita dapat memenuhi 88 persen kebutuhan selenium dan 27 persen kebutuhan kalsium harian.

Selain itu, ikan sarden juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam mencegah peradangan dalam tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan