Mengapa Kucing Tidak Suka Disentuh pada Bagian Kaki Mereka? Begini Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Hampir semua pemilik kucing pernah mencoba menyentuh bagian bawah kaki kucing seperti cakar dan telapak kakinya, tapi tahukah Anda bahwa kucing tidak suka disentuh di bagian kakinya.

Oleh karena itu, ketika kita menyentuh cakar dan telapak kakinya, kucing cenderung menarik kaki mereka. Ternyata, ini adalah perilaku yang normal pada kucing.

Apa sebenarnya alasan di balik ketidaknyamanan kucing saat manusia menyentuh cakar dan telapak kakinya?

Baca juga : 5 Makanan Ampuh untuk Meredakan Nyeri Sendi

Menurut seorang dokter hewan asal Inggris, Lizzie Youens, telapak kaki kucing adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Cakar dan telapak kaki memiliki peran penting dalam membantu kucing melompat dan bergerak diam-diam di berbagai medan.

Namun, sensitivitas yang tinggi pada cakar dan telapak kaki membuatnya rentan terhadap rangsangan yang berlebihan. Oleh karena itu, menyentuh, membelai, memijat, atau memegang telapak kaki kucing bisa terlalu stimulasi bagi mereka, terutama jika di lakukan secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi hal ini, Lizzie merekomendasikan kepada pemilik kucing untuk memberikan peringatan sebelum menyentuh bagian bawah kaki kucing. Memberikan peringatan dan mulai dengan membelai area yang lebih aman seperti punggung dan wajah, serta mengusap kaki dengan lembut dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan kucing.

Cakar Sangat Penting Bagi Kucing

Cakar adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi kucing, dan mereka cenderung melindunginya dengan hati-hati. Kucing selalu siap untuk merespons ancaman dan membutuhkan cakar mereka dalam situasi yang membutuhkan pertahanan diri, melarikan diri, berkelahi, atau berburu.

Bahkan saat tidur, kucing tetap waspada dan melindungi cakar dan telapak kakinya. Oleh karena itu, memegang telapak kaki kucing dapat membuat mereka merasa rentan.

Namun, jika kucing telah mempercayai pemiliknya sepenuhnya, mereka mungkin akan mengizinkan sentuhan pada telapak kakinya. Namun, banyak kucing secara naluriah melindungi bagian tubuh yang penting ini.

Lizzie menjelaskan bahwa alasan sederhana mengapa kucing menarik kaki saat di sentuh adalah karena bisa menimbulkan rasa sakit. Kucing mudah mengalami luka, goresan, atau patah pada kaki, khususnya karena sifat eksploratif dan penjelajah mereka.

Tinggalkan Balasan