Jangan Panik, Begini 5 Cara Tepat Mengatasi Keracunan Makanan

JABAR EKSPRES – Bagi semua orang penting untuk mengetahui cara mengatasi keracunan makanan karena dapat berbahaya jika tidak segera di tangani.

Keracunan makanan adalah kondisi serius yang tidak boleh di abaikan begitu saja. Namun, ada langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mengatasi keracunan makanan dengan tepat. 

Ketika Anda mengalami keracunan makanan, berikut adalah beberapa cara penanganan awal yang dapat di lakukan.

Baca juga : Penyebab dan Tips Ampuh Mengatasi Masalah Kaki Bengkak

1. Pemenuhan Kebutuhan Cairan Tubuh

Diare dan muntah yang di sebabkan oleh keracunan makanan dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan secara signifikan. Oleh karena itu, penting untuk menggantinya dengan minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

Anda juga dapat mengonsumsi minuman elektrolit dan makanan berkuah untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. Pastikan untuk minum secara perlahan dan sedikit-sedikit agar tidak menyebabkan mual.

2. Konsumsi Makanan yang Tepat

Saat gejala keracunan muncul, di sarankan untuk tidak mengonsumsi makanan apa pun selama beberapa jam. Setelah merasa lebih nyaman, cobalah makan makanan yang mudah di cerna, seperti bubur, kentang, pisang, dan madu.

Hindari makanan pedas, berlemak, asam, serta minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau susu karena dapat memperburuk gejala.

3. Hindari Penggunaan Obat Tanpa Resep Dokter

Diare dan muntah adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan dari racun, bakteri, virus, atau parasit berbahaya. Sebaiknya hindari penggunaan obat diare seperti loperamide pada awal munculnya gejala, karena dapat memperpanjang durasi keracunan.

Selain itu, penggunaan antibiotik juga tidak selalu diperlukan untuk mengobati keracunan makanan, kecuali jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu.

4. Minum Air Jahe

Minum air jahe dapat membantu meredakan mual dan rasa tidak nyaman di perut yang disebabkan oleh keracunan makanan. Jahe memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, juga dapat membantu memulihkan kesehatan saluran pencernaan.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting saat mengalami keracunan makanan. Tubuh membutuhkan waktu untuk melawan infeksi dan memulihkan energi. Jaga pola tidur yang teratur dan beri tubuh waktu untuk pulih sepenuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan