DPR Mengungkap Skema Pelayanan Mina yang Tidak Profesional, Jemaah Haji Merana!

JABAR EKSPRES – Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menyoroti kebutuhan akan perbaikan dalam pengelolaan ibadah haji di masa yang akan datang. Pernyataan ini dia sampaikan setelah melakukan pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan haji tahun ini.

Melansir dari berbagai sumber dalam pandangannya, perbaikan dan penanganan yang lebih profesional sangat diperlukan mengingat jumlah jemaah haji Indonesia yang begitu banyak, sedangkan fasilitas yang tersedia di sana terbatas.

“Menurut saya, penting untuk menangani hal ini secara lebih profesional di tahun-tahun mendatang agar segala hal yang masih belum sempurna dapat diperbaiki,” ungkap Dasco dikutip dari cnn

“Ia melihat bahwa jumlah jemaah Indonesia begitu besar dan fasilitas yang tersedia di sana memang terbatas.”

Pendapat tersebut disampaikan setelah Dasco menemukan beberapa masalah yang dihadapi oleh jemaah haji Indonesia, seperti minimnya toilet dan tenda yang terlalu penuh.

Baca Juga: Sebanyak 1.384 WNI di Thailand Laksanakan Salat Idul Adha Bersama KBRI Bangkok

Bersama rombongannya, Dasco melakukan kunjungan ke Maktab 48 yang ditempati oleh jemaah asal Jakarta dan Banten. Di bawah terik matahari yang lebih dari 40 derajat Celsius, Dasco dan rombongan membuka tenda, memeriksa toilet, dan berinteraksi dengan jemaah.

Para jemaah mengeluhkan sejumlah masalah di Maktab 48 kepada Dasco, seperti toilet yang tersumbat dan antrian panjang, serta keluhan tentang kepadatan tenda.

Setelah mengunjungi Maktab 48, Dasco dan anggota Timwas Haji DPR lainnya mengunjungi Maktab 42 yang ditempati oleh jemaah dari Jawa Timur dan Aceh. Di sana, mereka juga memeriksa tenda, toilet, dan fasilitas kesehatan.

Mereka menemukan banyak jemaah haji perempuan yang terpaksa menggelar kasur di dekat toilet karena tenda yang terlalu sesak dan tidak tersedia tempat lain. Bahkan, ada jemaah yang belum mendapatkan makanan sejak Rabu (28/6) malam.

Dasco dan rombongannya melakukan pengawasan di Mina sejak pukul 9.00 WIB. Ia hadir bersama anggota Timwas Haji DPR, yaitu Abdul Wachid, M. Husni, Maman Imanulhaq, dan Rano Al Fath dengan suasana yang santai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan