Whatsapp Business Keluarkan Dua Fitur Baru, Bermanfaat untuk UKM

JABAR EKSPRES – WhatsApp Business meluncurkan dua fitur baru untuk membantu usaha kecil dan menengah dalam mencapai lebih banyak konsumen. Pengumuman mengenai fitur baru ini dilakukan seiring dengan peringatan Hari UMKM Internasional yang di rayakan pada tanggal 27 Juni.

Salah satu fitur baru yang di ungkapkan adalah opsi untuk memasang iklan yang langsung mengarahkan pengguna ke WhatsApp, tanpa memerlukan akun Facebook. Pemilik bisnis hanya perlu menyediakan alamat email dan metode pembayaran sebagai syaratnya.

Baca juga : Samsung Galaxy A14 5G HP Harga Rp 3 Jutaan yang Punya Spek Komplit

Pieter Lydian, Direktur Country Meta Indonesia, menjelaskan dalam acara WhatsApp MSME Summit 2023 di Jakarta bahwa iklan dapat di unggah melalui Facebook atau Instagram, namun jika di klik, pengguna akan langsung di arahkan ke WhatsApp.

Mengenal Fitur Baru Whatsapp Business

Fitur ini mirip dengan fitur “boost post” di Instagram, yang dapat dilakukan tanpa menggunakan halaman Facebook. Sebelumnya, untuk memasang iklan di WhatsApp, pengguna harus terhubung dengan aplikasi Facebook dan melakukan beberapa tahapan klik.

Namun dengan fitur ini, pengguna hanya perlu satu atau dua kali klik untuk memasang iklan di Instagram atau Facebook.

Dengan fitur ini, pemilik bisnis dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan langsung di Facebook dan Instagram melalui aplikasi WhatsApp Business. Jika iklan tersebut di klik oleh seseorang, calon konsumen akan di arahkan ke percakapan di WhatsApp.

Sehingga mereka dapat melakukan tanya jawab, melihat produk, dan melakukan pembelian.

Hingga saat ini, baik Pieter maupun WhatsApp belum mengungkapkan tarif yang berlaku untuk memasang iklan melalui WhatsApp Business. Esther Samboh, Public Policy Manager WhatsApp, menjelaskan bahwa fitur ini masih dalam tahap uji coba, sehingga tarifnya juga belum di tetapkan.

Selain fitur pemasangan iklan yang lebih mudah, WhatsApp Business juga meluncurkan fitur pesan berbayar yang di harapkan dapat membantu UMKM dalam menjangkau pelanggan dengan lebih cepat.

Fitur ini memungkinkan pelaku bisnis untuk mengirim pesan yang telah di personalisasi kepada pelanggan, seperti ucapan selamat ulang tahun atau informasi tentang diskon.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan