Statistik Grand Prix Formula 1 Red Bull Ring, Spielberg, Austria

JABAR EKSPRES – Seri ke-10 ajang Formula 1 musim 2023 digelar di Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Max Verstappen dari tim Red Bull berhasil memperkuat posisinya di puncak klasemen pebalap setelah meraih kemenangan di Kanada. Pebalap asal Belanda tersebut saat ini mengumpulkan total 195 poin, menjaga selisih 69 poin dari rekan setimnya, Sergio Perez, yang merupakan rival terdekatnya. Di klasemen konstruktor, Red Bull juga memimpin dengan 321 poin, mengungguli Mercedes dan Aston Martin.

Sirkuit Red Bull Ring memiliki panjang lintasan 4,318km dengan rekor lap tercepat dipegang oleh Carlos Sainz dari tim McLaren pada tahun 2020 dengan waktu 1:05,619. Jarak balapan mencapai 71 putaran atau sekitar 306,452km. Pada Grand Prix Austria tahun 2022, pemenangnya adalah Charles Leclerc dari tim Ferrari, dengan lap tercepat dicetak oleh Verstappen dari Red Bull dengan waktu 1:07,275, dan Verstappen juga meraih posisi tercepat dalam sesi kualifikasi dengan waktu 1:04,984. Verstappen juga menjadi pemenang dalam balapan sprint pada tahun 2022.

Dengan tiga lintasan lurus yang dominan di bagian awal lap sebelum memasuki beberapa tikungan berkecepatan sedang dan cepat, Sirkuit Red Bull Ring memanfaatkan ukurannya yang relatif pendek dengan maksimal. Sirkuit tersebut akan kembali menjadi tempat balapan sprint pada hari Sabtu sebelum balapan utama Grand Prix Austria pada hari berikutnya. Keterbatasan waktu yang sempit membuat tim dan pembalap hanya memiliki satu sesi latihan sebelum sesi kualifikasi pada Jumat dan balapan sprint pada hari berikutnya, yang berarti mereka harus menemukan setelan yang tepat dalam waktu yang singkat.

Data resmi FIA menunjukkan bahwa pole position tidak memberikan keuntungan yang signifikan di Spielberg. Hingga saat ini, hanya sembilan balapan dari 18 balapan terakhir di Austria yang dimenangkan oleh pembalap yang start di posisi terdepan. Namun, hanya satu kali pembalap yang start di belakang dua baris terdepan yang berhasil memenangkan balapan, yaitu saat David Coulthard finis di posisi pertama pada tahun 2001 setelah start dari posisi ketujuh.

Verstappen memiliki kesempatan untuk menjadi pembalap paling sukses dalam sejarah Grand Prix Austria setelah meraih tiga kemenangan, semuanya bersama tim Red Bull, yaitu pada tahun 2018, 2019, dan 2021, menyamai pencapaian Alain Prost. Verstappen juga telah menjadi pembalap yang paling sukses di Red Bull Ring dengan memenangkan Grand Prix Styria pada tahun 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan