PLN UID Jabar Siagakan Ribuan Petugas Untuk Jaga Pasokan Listrik Selama Libur Idul Adha

JABAR EKSPRES – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan 4.073 personel dan infrastruktur pendukung selama 24 jam dalam rangka menjaga keamanan dan ketersediaan pasokan listrik selama perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 Masehi dan libur panjang.

General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, menyatakan bahwa PLN UID Jabar telah menyiagakan 4.073 petugas yang terdiri dari petugas Yantek dan personel siaga dalam rangka persiapan Idul Adha 1444 H. Untuk memastikan kesiagaan tersebut, PLN UID Jabar juga telah melakukan Gelar Pasukan dan Peralatan secara serentak di seluruh wilayah kerja mereka.

Susiana Mutia menjelaskan bahwa Idul Adha 1444 H kali ini bertepatan dengan hari libur anak sekolah dan cuti bersama, sehingga PLN ingin memastikan agar masyarakat dapat merayakan Idul Adha dan liburan dengan nyaman dan aman. Mereka telah mempersiapkan petugas, pasokan listrik, dan peralatan pendukung dalam melayani pelanggan.

Periode siaga PLN untuk Idul Adha 2023 telah ditetapkan mulai tanggal 27 Juni 2023 hingga tanggal 02 Juli 2023. Sebelum periode siaga, PLN UID Jabar telah melakukan inspeksi jaringan listrik, menyiagakan personel, melakukan pemeliharaan pada kubikel dan busbar 20 kV Gardu Induk, pemeliharaan penyulang, serta menyiapkan material cadangan.

Selain itu, PLN UID Jabar juga telah menyiapkan sarana pendukung, termasuk 707 unit kendaraan (terdiri dari 434 mobil dan 273 motor), 93 unit genset, 13 unit UPS, 125 unit gardu bergerak, dan 3 unit mobil deteksi.

Susiana Mutia menyampaikan bahwa pasokan sistem kelistrikan Jawa Barat pada umumnya dalam kondisi aman, dengan kapasitas yang lebih besar daripada pemakaian. Perkiraan beban puncak pada siang hari saat Idul Adha diperkirakan mencapai 6.206 MW, naik 131 MW (2,11 persen) dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan perkiraan beban pada malam hari mencapai 6.748 MW, naik 262 MW (3,88 persen) dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain mengantisipasi kesiapan pasokan listrik karena adanya libur sekolah dan cuti bersama, PLN UID Jabar juga telah menyiagakan dan menyiapkan skenario antisipatif untuk lokasi-lokasi penting seperti tempat penyelenggaraan Shalat Idul Adha, rumah sakit, pusat pelayanan publik, dan lainnya.

Susiana Mutia menekankan bahwa mereka berusaha untuk memberikan ketersediaan listrik yang handal kepada seluruh pelanggan dan yakin bahwa pasokan akan mencukupi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan