Mengenal 4 Bulan Haram Termasuk Dzulhijjah, Ini Keistimewaannya

JABAR EKSPRES – Dalam agama Islam, terdapat beberapa bulan yang memiliki keutamaan istimewa dan dianggap suci. Bulan-bulan ini disebut sebagai bulan Haram dan memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi umat Muslim.

Bila selama ini umat islam hanya mengetahui bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci, namun ternyata ada empat bulan haram yang juga sangat diistimewakan oleh Rosulullah.

Keempat bulan tersebut adalah bulan Rajab, Muharram, Dzulhijjah dan Dzulkoidah. Keempatnya memiliki keistimewaan masing-masing, namun ada satu persamaannya yakni, setiap amalan dan ibadah yang dilakukan dalam empat bulan tersebut, maka pahalanya akan dilipat gandakan.

Demikian juga bila melakukan dosa, maka hukumannya juga akan berlipat ganda. Tak heran, Umat islam selalu memanfaatkan empat bulan haram ini untuk meningkatkan ibadahnya, untuk dapat menambah banyak tabungan pahalanya.

Berikut ini adalah beberapa bulan Haram dan keutamaan yang terkait dengan masing-masing bulan tersebut:

1. Muharram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Bulan ini memiliki keistimewaan, diantaranya:

a. Puasa Asyura

Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Puasa ini sangat dianjurkan dan memiliki pahala yang besar. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga menganjurkan untuk berpuasa pada hari ke-10 Muharram.

b. Peringatan Peristiwa Karbala

Pada tanggal 10 Muharram, umat Muslim juga memperingati peristiwa tragedi Karbala, di mana cucu Nabi Muhammad, Imam Husain bin Ali, dan pengikutnya terbunuh. Peringatan ini mengajarkan tentang keberanian, pengorbanan, dan keteguhan iman.

Baca juga :  5 Hal Penting tentang Amalan di 10 Hari Awal Bulan Dzulhijjah yang Harus Kamu Tahu

2. Rajab

Rajab adalah bulan ke-7 dalam kalender Islam. Bulan ini memiliki keistimewaan yang luar biasa, di antaranya adalah:

a. Isra’ Mi’raj

Pada bulan Rajab, terjadi peristiwa Isra’ Mi’raj, yaitu perjalanan malam Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, dan kemudian ke langit-Nya. Peristiwa ini merupakan salah satu peristiwa besar dalam sejarah Islam dan merupakan momen spiritual yang penting bagi umat Muslim.

b. Puasa Rajab

Meskipun puasa Rajab tidak diwajibkan, banyak umat Muslim yang memilih untuk berpuasa selama bulan ini karena diyakini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan