8 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan, Bisa Berumur Panjang!

JABAR EKSPRES – Jika kamu penikmat kopi maka tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa saja manfaat kopi untuk kesehatan.

Manfaat kopi ada banyak, salah satunya bisa membantu hidup lebih lama. Kemudian meminum secangkir kopi bisa mencegah beberapa penyakit parah pada tubuh.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk kesehatan yang patut untuk kamu ketahui.

8 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

1. Umur Panjang

Studi menunjukkan minum kopi dapat memperpanjang umur. Selama 10 tahun, para peneliti mengamati hubungan antara konsumsi kopi dan risiko kematian. Para ilmuwan mempertimbangkan variabel seperti gaya hidup, kesehatan, dan konsumsi kopi.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum lebih dari empat cangkir kopi setiap hari menikmati pengurangan risiko kematian 64% dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi dan mereka yang hanya minum sedikit. Dalam periode tindak lanjut, peminum kopi berusia 45 tahun atau lebih mendapat manfaat dari penurunan risiko kematian sebesar 30%.

2. Fungsi Otak

Kopi mengandung zat psikoaktif yang menghalangi neurotransmitter adenosine di otak. Akibatnya, neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat seiring dengan penembakan saraf.

Fungsi kognitif meningkat saat kamu minum kopi, bersama dengan kewaspadaan, memori, kecepatan reaksi, produktivitas, dan motivasi.

3. Fungsi Fisik

Kafein dalam kopi mempersiapkan tubuh kamu untuk aktivitas yang intens, melepaskan sel-sel lemak untuk beraktivitas dan meningkatkan adrenalin, serta dapat meningkatkan performa fisik sebesar 12%.

4. Meningkatkan Metabolisme

Kafein membantu orang membakar lemak dan seringkali menjadi bahan utama dalam produk penurunan berat badan. Studi menunjukkan itu dapat meningkatkan kehilangan lemak hingga 29% dan meningkatkan metabolisme hingga 11% pada orang langsing dan 10% pada orang gemuk.

5. Nutrisi

Kopi mengandung nutrisi penting, termasuk riboflavin, niasin, magnesium, potasium, mangan, dan asam pantotenat. Jumlahnya kecil, tetapi asupan kamu meningkat dengan setiap cangkir kopi.

6. Perlindungan Otak

Minum kopi dapat membantu kamu menghindari penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Tidak ada obat untuk menjadi tua, tetapi kamu dapat menganggap kebiasaan minum kopi kamu bermanfaat untuk pemeliharaan otak.

Para peneliti menyimpulkan peminum kopi 65% lebih kecil kemungkinannya menderita demensia pikun dan penyakit Alzheimer dibandingkan peminum non-kopi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan