Jangan Lupa Lakukan ini Sebelum Sholat Idul Adha Besok Pagi

JABAR EKSPRES – Bagi kaum muslim yang besok akan menjalankan ibadah Sholat Idul Adha, jangan lupa untuk melaksanakan hal penting ini agar mendapatkan pahala sunah. Hal penting tersebut adalah amalan-amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha.

Rosulullah selalu memberikan teladan bagi umatnya dengan banyak hikmah didalamnya, termasuk sunah yang sebaiknya dilakukan sebelum sholat Idul Adha.

Dengan menjalankan sunnah Nabi Muhammad, berarti kita sudah mengikuti teladan yang baik. Dimana kebaikan didalamnya selalu mendatangkan pahala bagi yang mengikutinya.

Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang dapat kita lakukan sebelum Sholat Idul Adha dan sepanjang hari yang penuh berkah ini:

1. Mandi sebelum melaksanakan shalat Idul Adha

Sebagaimana pada hari raya lainnya, sunnah mandi pada pagi hari sebelum melaksanakan shalat Idul Adha juga dianjurkan. Mandi ini melambangkan kesucian diri sebelum melaksanakan ibadah. Hal ini ada dalam HR. Abu Dawud

Baca juga : Tips Aman Tetap Sehat Meski Mengonsumsi Daging Qurban Saat Idul Adha

2. Memakai pakaian yang terbaik

Sunnah lainnya adalah memakai pakaian yang terbaik pada Hari Raya Idul Adha. Hal ini mencerminkan kegembiraan dan kehormatan dalam menyambut hari raya.

3. Tidak Makan sebelum melaksanakan shalat

Sunnah yang dianjurkan adalah untuk tidak makan sebelum sholat Idul Adha. Sebaiknya makan atau makanan ringan setelah melaksanakan shalat, sebagai tanda syukur atas nikmat dan karunia Allah. Hal ini dijelaskan dalam hadits HR. Bukhari dan Muslim

4. Melaksanakan shalat Idul Adha di lapangan

Tradisi melaksanakan shalat Idul Adha dilakukan di lapangan terbuka atau tempat khusus yang disediakan. Hal ini mencerminkan persatuan dan kebersamaan umat Muslim dalam merayakan hari raya.

5. Membaca takbir

Membaca takbir secara berjamaah sejak malam sebelum Hari Raya Idul Adha hingga sebelum melaksanakan shalat juga merupakan sunnah yang dianjurkan. Takbir ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah dan kegembiraan menyambut hari raya.

Baca juga : 10 Sunnah Rasulullah sebelum Solat Idul Adha yang Perlu Kita Amalkan

6. Mengucapkan salam

Setelah melaksanakan shalat Idul Adha, mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan sesama muslim juga merupakan sunnah yang dianjurkan. Hal ini memperkuat tali silaturahmi dan menunjukkan rasa persaudaraan di antara umat Muslim.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan