Tips Aman Tetap Sehat Meski Mengonsumsi Daging Qurban Saat Idul Adha

JABAR EKSPRES – Saat Hari Raya Idul Adha adalah saat berpesta atau saat makan-makan. Allah memberikan tiga hari tasyrik yang melarang umat Islam berpuasa, karena akan banyak daging kurban untuk dikonsumsi. Agar tetap sehat saat Idul Adha, ikuti tips sehat dalam artikel ini.

Tidak di pungkiri, banyak yang mengalami gangguan kesehatan setelah hari Raya Idul Adha, karena tidak bisa menahan mengonsumsi aneka olahan daging dan berbagai sajian lainnya. Karenanya harus disimak apa saja tips sehat agar tidak sampai sakit saat Idul Adha.

Langkah-langkah yang akan dibagikan dalam tulisan ini merupakan langkah pencegahan dan atisipasi. Agar kamu tetap bisa menikmati aneka olahan daging qurban, namun tetap sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang dikhawatirkan.

Berikut beberapa tips sehat yang bisa kamu terapkan bila ingin tetap sehat saat Hari Raya Idul Adha ini, dilansir dari laman rsikotamagelang.com:

1. Makan dalam porsi kecil

Usahakan jangan mengkonsumsi makanan tersebut dalam porsi yang besar karena hal ini aka mengakibatkan perut anda menjadi nyeri karena esophageal sphincter akan terasa penuh sehingga akan membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

2. Hindari konsumsi makanan daging sebelum tidur

Baca juga : Tips Mencegah Kolesterol Naik saat Makan Daging Kurban

Mengkonsumsi makanan yang terbuat daging sebelum tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Karena bisa mengakibatkan makanan ini akan terdorong lagi ke esophageal sphincter.

Selain itu kualitas tidur anda pun akan terganggu, usahakan tidak mengkonsumsi makanan ini 2-3 jam sebelum anda tidur.

3. Diet kaya serat

Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan anda dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan menyebabkan susah BAB karena pencernaanya tidak lancar.

Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih ini juga berfungsi untuk mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkn buang air besar. Selain itu masih banyak manfaat lainya jika tubuh cukup cairan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan