Begini Kata Dokter Terkait Mitos Larangan Ibu Hamil Makan Daging Kambing

JABAR EKSPRES – Sebuah anggapan umum menyatakan bahwa larangan terhadap Ibu hamil untuk menghindari makan daging kambing. Sama seperti halnya dengan makan nanas muda, di katakan bahwa mengonsumsi daging kambing dapat berdampak negatif pada kesehatan janin.

Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri, terutama saat perayaan Idul Adha di mana daging kambing banyak tersedia. Banyak ibu hamil yang bingung apakah sebaiknya menghindari daging kambing atau tetap mengonsumsinya karena tidak selalu ada kesempatan.

Baca juga : Tips Sehat Mengkonsumsi Daging Kurban, Batasi Porsi dan Olah dengan Baik

Namun, fakta sebenarnya adalah tidak ada larangan khusus bagi ibu hamil untuk mengonsumsi daging kambing. Hal ini di ungkapkan oleh dr. Aida Riyanti, seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Dr. Aida menjelaskan, “Makan daging kambing tidak masalah, asalkan tidak ada pembatasan dari dokter gizi atau penyakit dalam. Jadi tidak ada batasan mengenai daging kambing.”

Ini berarti bahwa ibu hamil boleh mengonsumsi daging kambing tanpa khawatir. Asalkan tidak ada pembatasan medis yang spesifik terkait daging tersebut.

Lebih lanjut, dr. Aida menjelaskan, “Bahkan menurut ahli gizi, daging kambing memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit di bandingkan dengan daging lainnya. Jadi, baik ibu hamil maupun menyusui tidak ada batasan dalam mengonsumsinya.”

Baca juga : 7 Rekomendasi Gaya Busana Idul Adha agar Terlihat Elegan dan Berkelas

Selain memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit, daging kambing juga mengandung 16,6 gram protein, 11 mg kalsium, 1,0 mg besi, dan 4,9 mg seng per 100 gram berdasarkan data Komposisi Pangan Indonesia.

Oleh karena itu, dapat di simpulkan bahwa larangan ibu hamil makan daging kambing aman di makan, asalkan termasuk dalam jenis daging merah yang aman di konsumsi selama kehamilan. Lalu, tidak ada penyakit yang membatasi dan di masak dengan suhu yang aman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan