4 Tips Agar Hubungan Tidak Terganggu dengan Technoference

JABAR EKSPRES – Banyak orang datang ke psikolog berharap mendapatkan tips hubungan agar komunikasi dengan pasangan lancar, sebab tak sedikit yang terganggu dengan komunikasi yang disebabkan oleh ponsel. Mereka mungkin mengatakan hal seperti:

“Saya merasa pasangan saya selalu menggunakan ponsel. Itu membuatku cemas.”

Ini adalah kekhawatiran yang valid. Satu studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal akademik Media Psychology menemukan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan, dibandingkan dengan aktivitas santai lainnya, secara signifikan meningkatkan konflik hubungan dan ketidakpuasan.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam Sex and Marital Therapy menemukan bahwa technoference dapat merusak chemistry seksual suatu hubungan.

Di sini, saya akan berbicara tentang empat tips hubungan agar tidak terganggu dari technoference, phubbing, dan pengaruh negatif lain dari teknologi modern.

1. Jangan Gunakan Ponsel Anda untuk Apapun yang Anda Rasa Tidak Nyaman untuk Diceritakan kepada Pasangan Anda.

Terkadang, bukan teknologi yang membuat gangguan dalam hubungan Anda, melainkan kurangnya kepercayaan. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dilakukan pasangan Anda ketika mereka menggunakan ponsel untuk waktu yang lama.

Kenapa dia tersenyum pada saat melihat ponsel? Mengapa dia terlihat begitu fokus dengan ponsel? Apa yang saya tidak ketahui darinya?

Jenis pemikiran ini dapat sangat membebani, sehingga dapat menyebabkan pengambilan kesimpulan sendiri atau menebak-nebak.

Penting untuk menyuarakan kekhawatiran ini kepada pasangan Anda. Beri tahu pasangan bahwa Anda merasa cemas saat pasanganmu menggunakan ponsel dan minta mereka untuk istirahat atau menetapkan batasan.

2. Gunakan Teknologi dengan Cara yang Meningkatkan Hubungan, Bukan Mengesampingkan.

Apakah Anda dan pasangan memiliki acara TV favorit yang selalu Anda tonton bersama? Apakah Anda merencanakan malam ‘Netflix and chill’ mingguan? Apakah Anda memiliki akun media sosial bersama yang sama-sama berkontribusi? Apakah Anda bersama-sama terlibat dalam komunitas online seputar minat serupa yang Anda miliki?

Ini adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan teknologi untuk menambah kedalaman koneksi Anda.

Cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk, seperti:

Memeriksa ponsel atau email Anda segera setelah kembali dari kantor. Ilmuwan hubungan berbicara tentang ‘jet lag’ hubungan, perasaan terputus yang terjadi saat pasangan bersatu kembali setelah menghabiskan waktu jauh dari satu sama lain, seperti berada di tempat kerja sepanjang hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan