Besok Puasa Arafah, Bisa Hapuskan Dosa Dua Tahun, Ini Keutamaan Lainnya

Selama menjalankan Puasa Arafah, maka doa-doa yang dipanjatkan akan dikabulkan.
Dasarnya ada dalam hadits:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

Artinya: “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim).

Baca juga : Mau Tahu Berapa Lama Puasa Arafah? Simak Jadwal Berpuasa Terbaru di Idul Adha 2023!

3. Dibebaskan dari Api Neraka

Setiap umat muslim yang menjalankan Puasa Arafah akan dibebaskan dari api neraka. Seperti yang dijelaskan dalam hadits :

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيْهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

Artinya: “Tidak ada hari yang Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada pada hari Arafah,” (HR Muslim).

4. Hari yang Paling Dicintai Allah SWT

Dengan mengerjakan puasa Arafah, maka akan mendapatkan keutamaan dari sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah merupakan hari yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Dari Ibnu Umar RA, Nabi SAW bersabda:

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)” (HR Ahmad).

Demikian beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan bila menjalankan puasa Arafah di tanggal 9 Dzulhijjah 1444 H atau tanggal 28 Juni 2023.

 

Tinggalkan Balasan