Meta Blokir Akses Konten Pengguna Facebook dan Instagram di Kanada

JABAR EKSPRES- Meta telah memutuskan untuk memblokir akses konten berita bagi pengguna Facebook dan Instagram di Kanada setelah senat Kanada menyetujui rancangan undang-undang Online News Act pada Kamis (22/6).

Dalam pengumuman resminya yang dikutip dari Tech Crunch pada hari Sabtu (24/6), Meta menyatakan bahwa akses berita akan dihentikan di platform Facebook dan Instagram bagi pengguna di Kanada sebelum Online News Act (Bill C-18) berlaku. Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa mereka telah mengkomunikasikan bahwa konten dari outlet berita, termasuk penerbit dan penyiar berita, tidak akan lagi tersedia bagi pengguna yang mengakses platform mereka di Kanada untuk mematuhi Bill C-18.

Online News Act mengharuskan platform informasi dan media sosial seperti Google dan Facebook untuk menegosiasikan kesepakatan komersial dan membayar penerbit berita atas konten yang mereka tampilkan.

Setelah disetujui oleh senat, undang-undang Online News Act akan memerlukan persetujuan dari gubernur jenderal sebagai tahap akhir untuk pengesahan.

Meta telah menunjukkan penentangan terhadap Online News Act sejak undang-undang tersebut diajukan pertama kali ke senat pada tahun 2021. Pada tahun lalu, Meta mengancam akan memblokir konten berita di Kanada kecuali ada amendemen terhadap rancangan undang-undang yang kontroversial tersebut.

Tindakan Meta semakin serius ketika perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu melakukan uji coba pembatasan akses berita bagi beberapa pengguna media sosialnya di Kanada.

Menteri Warisan Kanada, Pablo Rodriguez, menanggapi tindakan Meta tersebut melalui cuitan di Twitter pada hari Kamis (22/6). Dia menyatakan bahwa Facebook tahu bahwa mereka tidak memiliki kewajiban terhadap undang-undang saat ini dan bahwa setelah Bill C-18 disetujui, pemerintah akan terlibat dalam proses regulasi dan implementasi. Dia juga menulis, “Jika pemerintah tidak dapat melindungi warga Kanada dari raksasa teknologi, maka siapa lagi yang akan melakukannya?”

Selain Facebook, Google juga mengambil sikap dan tindakan serupa dengan memblokir akses konten berita bagi beberapa penggunanya di Kanada. Dalam pernyataannya, Google menyatakan bahwa mereka telah mengusulkan solusi yang bijaksana dan pragmatis untuk memperbaiki Online News Act dan meningkatkan investasi mereka yang signifikan dalam ekosistem berita Kanada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan