Mengenal Sosok Wakapolri Baru Komjen Agus Andrianto

JABAR EKSPRES – Komjen Agus Andrianto secara resmi telah ditunjuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi Wakilnya sebagai Wakil Kepala POLRI, atau Wakapolri baru.

Penunjukan Komjen Agus Andrianto ini untuk menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang tengah memasuki masa pensiun.

Sebelum menjadi Wakapolri, Komjen Agus Andrianto sudah sangat dikenal publik saat masih menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Namanya hampir setiap hari muncul di media saat kasus Ferdi Sambo mencuat.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967 ini merupakan Lulusan Akpol pada tahun 1989.

Awal karier Komjen Agus Andrianto sebagai polisi dimulai sejak ia bertugas di Polres Dairi, Sumatera Utara.

Komjen Agus Andrianto juga sempat diberi jabatan sebagai Kapolsek Sumbul pada 1992.

Satu tahun kemudian, Agus dilantik menjadi Kapolsek Parapat pada tahun 1993. Setelah itu, dia geser lagi menjabat Kapolsek Percut Seituan selang dua tahun kemudian.

Baca juga : Terciduk Polisi Bawa Sajam, 5 Pemuda Pelaku Tawuran Terancam 10 Tahun Penjara

Selama menjadi perwira menengah, Agus juga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis.

Pada tahun 2007, Kariernya terus melesat, Agus mendapatkan mandat untuk menjadi Kapolres Tangerang. Lalu sempat juga geser menjadi Kapolres Metro Tangerang.

Bahkan pernah juga dikembalikan ke Sumatera Utara, mengisi jabatan Dirkrimum Polda Sumut. Dan ditarik lagi ke Jakarta saat Agus diangkat sebagai Dirtipidum Bareksrim Polri.

Kasusnya yang paling menarik saat mengemban jabatan tersebut adalah saat menangani kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok kini telah dijatuhi hukuman penjara.

Selang setahun kemudian, Agus kembali pulang ke Sumut, kali ini menjadi Wakapolda Sumut. Lalu pada 2018, Agus dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Setelah Kapolda Sumut, Agus lalu ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri sejak tahun 2019 hingga 2021. Lalu, Agus diangkat menjadi Kabareskrim Polri pada tahun 2021 hingga 2023 menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sampai saat ini menjadi Kapolri.

Baru lah sekrang diusianya ke 56, Agus akan diangkat sebagai Wakapolri.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan