Libur Cuti Bersama Idul Adha, Pemkot Bandung Berharap Sektor Parawisata Bisa Naikan Pendapatan Daerah

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Jelang Peringati Hari Besar Nasional (PHBN) Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni 2023, Kota Bandung diprediksi bakal jadi wilayah yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna menyebutkan, momen tersebut akan berdampak positif terhadap sektor pariwisata, yang akan berefek pada naiknya okupansi hotel. Selain itu, juga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan daerah.

“Lima hari ini (cuti bersama) akan terjadi hal yang cukup signifikan, karena kunjungan orang ke Kota Bandung itu akan meningkat,” kata Ema, Senin 26 Juni 2023.

BACA JUGA: Jelang Puncak Musim Kemarau, Ketersediaan dan Kenaikan Harga Pangan Menghantui Kota Bandung

Maka dari itu, Ema mengungkapkan bahwa agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bisa memanfaatkan momen tersebut. Agar nantinya Kota Bandung bisa merealisasikan pendapatan daerah.

“Karena dalam 5 hari ini, kalau mau cek terutama hotel-hotel yang ada di Kota Bandung, saya yakin itu akan terjadi peningkatan yang cukup signifikan,” ungkapnya.

Selain itu, ditunjuknya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 bisa dijadikan momentum lain terkait meningkatkan pendapatan daerah. Apalagi Kota Bandung memiliki venue yang sebelumnya sudah dipersiapkan antara lain Stadion GBLA (Gelora Bandung Lautan Api), dan Stadion Persib.

BACA JUGA: Pemkot Bandung: Idul Adha Nanti Gunakan Besek, Bukan Kresek!

“Kalau ini betul-betul terealisasi, diperkirakan pada November kalau itu nanti terjadi di GBLA termasuk Si Jalak Harupat di kabupaten Bandung itu dipakai venue. Orang-orang yang menggemari sepak bola akan datang ke sini,” katanya.

Ema berharap, dua hal ini bisa dijadikan momentum dalam mengejar dan mencapai pajak daerah tahun 2023, dengan nilai 2,4 triliun.

“Mereka akan menginap dan makan di Kota Bandung. Ini potensi yang luar biasa,” ujarnya.

“Tentunya target Rp2,4 triliun dari pajak daerah di Tahun Anggaran 2023 ini mudah-mudahan bisa tercapai,” harapnya. (Mg1)

BACA JUGA: Pastikan Hewan Kurban Sehat Jelang Idul Adha, Ratusan Satgas Dilepas DKPP

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan