Arsyad Al Banjari Raih Emas di Ajang SOWSG 2023 Berlin!

Jabar Ekspres – Perenang Special Olympics Indonesia (SOIna) Arsyad Al Banjari meraih emas dan perunggu di Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023 di Berlin, Jerman.

Dia memenangkan medali emas dalam gaya kupu-kupu 100m di Level B dengan catatan waktu 01:23:28 dan medali perunggu dalam gaya dada 100m di Level A dengan catatan waktu 01:23.45

Kesuksesannya meraih prestasi di ajang dunia tersebut karena motivasi yang kuat dalam dirinya untuk membanggakan kedua orang tuanya.

Ia juga mampu membalas kepercayaan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Dito Ariotedjo ditugaskan berlaga di SOWSG 2023 Berlin untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.

“Alhamdulillah sangat bahagia sekali dan ini merupakan pertama kalinya saya tampil bertanding di tingkat dunia. Terima kasih Pak Menpora Dito atas kepercayaan yang diberikan kepada saya,” kata Arsyad Al Banjari, seperti disiarkan laman resmi Kemenpora RI, Jumat.

BACA JUGA: Ditawarkan Menjadi Tuan Rumah SOWG 2027, Menpora: Bagus Sekali!

“Motivasi saya untuk dapat berprestasi di sini yang pertama adalah orang tua. Saya ingin membanggakan orang tua. Saya aslinya dari orang yang nggak punya. Bapak saya tukang pungut sampah di komplek-komplek orang.”

Bukan hanya pengalaman menjadi juara di level dunia melalui multicabang SOWSG 2023 Berlin, atlet asal Kalimantan Selatan itu memiliki kesan tersendiri ketika menghadapi lawan dari negara lain.

“Pastinya seru karena kita tanding melawan negara lain. Tentu lawannya berat-berat, tapi Alhamdulillah di gaya kupu-kupu kita bisa meninggalkan lawan 25 meter dengan selisih 18 detik, kalau di gaya dada saya cuma kalah 1.04 detik sama yang emas, saya mencatatkan waktu 01:23.45 sedangkan yang meraih medali emas mencatatkan waktu 01:22.41,” ujar Arsyad.

Terhadap sesama atlet, dirinya berpesan untuk tak kenal lelah dalam berlatih dan berjuang mempersiapkan diri membela Merah Putih di ajang internasional.

“Berjuang dan terus berjuang untuk mencapai kesuksesan,” kata atlet yang telah berlatih sejak kelas 5 SD itu.

Sebelumnya, Menpora Dito mengatakan bahwa eksistensi wakil Indonesia di ajang SOWSG 2023 menjadi bukti komitmen pemerintah dalam upayanya mendorong semua potensi olahraga yang dimiliki oleh Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan