Tok! KPU Kota Bogor Tetapkan 800.181 DPT untuk Pemilu 2024

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan jumlah 800.181 pemilih.

Dari jumlah itu, tercatat 401.096 merupakan pemilih perempuan dan 399.085 pemilih laki-laki.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin menyebut, jumlah itu tersebar di 2.913 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Diantaranya 2.910 TPS Reguler dan 3 TPS berada di lokasi khusus, yakni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Paledang Bogor.

 

“Dengan persentase rentang usia di antaranya pemilih pemula 10,03 persen pemilih muda dan 41,28 persen serta pemilih lanjutan atau dewasa berjumlah 48,69 persen,” ungkapnya saat dihubungi JabarEkspres.com pada Kamis, 22 Juni 2023.

 

Ia menjelaskan, bahwa DPT tersebut ditetapkan setelah melalui sejumlah tahapan, mulai dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

Kemudian juga telah dilakukan pemutakhiran data oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di lapangan.

 

“Selanjutnya, secara berjenjang pada tingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan PPK (Panitia Pemihan Kecamatan). Mulai dari penetapan DPHP, DPSHP, dan DPSHP Akhir,” paparnya.

 

Samsudin menekankan, bahwa DPT itu sudah mendapat persetujuan dari semua pihak yang hadir dalam rapat pleno terbuka, terutama Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor dan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

 

“Daftar pemilih tetap itu merupakan hasil akhir dari proses yang panjang di tingkat Pantarlih, PPS dan PPK,” sebutnya.

 

“Sehingga saat ini merupakan data pemilih final yang menjadi acuan dalam Pemilu 2024,” imbuhnya.

 

Dirinya menambahkan, dalam rangka penetapan DPT itu telah disahkan dalam rapat pleno terbuka bersama sejumlah pihak terkait.

 

Pada tahapan tersebut, sambung dia, KPU kota Bogor hadir bersama Bawaslu Kota Bogor, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil, Bagian Pemerintahan, Bakesbangpol, Kemenag dan Lapas Kelas 2A Paledang.

 

“Kemudian RSUD Kota Bogor, Kodim 0606, Korem 061 Suryakancana, dan Polresta Bogor Kota. Termasuk Partai Politik Peserta Pemilu 2024, dan PPK se-Kota Bogor,” tukasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan