Spotify Luncurkan UI Baru untuk Versi Desktop

JABAR EKSPRES- Aplikasi pemutar musik dan podcast, Spotify, menghadirkan desain antarmuka baru pada versi desktop untuk mempermudah akses ke detail lagu dan podcast yang sedang diputar serta mengatur daftar putar dan konten lainnya.

Dalam laporan The Verge, disebutkan bahwa Spotify akan meluncurkan tampilan antarmuka baru kepada pengguna di seluruh dunia mulai minggu ini.

Perubahan yang mencolok pada versi desktop terbaru Spotify adalah pada bagian sidebar fitur Your Library di sebelah kiri layar. Sidebar tersebut tidak lagi menampilkan daftar putar dalam bentuk teks sederhana, tetapi memiliki ikon warna-warni.

Sidebar ini juga menampilkan artis dan album terkini yang sedang diputar, sehingga memudahkan untuk berpindah lagu dengan cepat. Pengguna dapat menyembunyikan sidebar agar hanya menampilkan ikon-ikon yang tersedia, atau membukanya untuk melihat informasi lagu yang lebih lengkap, termasuk waktu terakhir diputar.

Jika pengguna ingin melihat teks tanpa ikon, mereka dapat membuka pengaturan Spotify dan memilih opsi “Gunakan tata letak perpustakaan yang kompak”.

Pada versi terbaru Spotify, pengguna dapat mengurutkan sidebar pada fitur Your Library untuk menampilkan hanya daftar artis, album, atau daftar putar dengan menggunakan ikon di bagian atas. Selain itu, terdapat kotak pencarian khusus pada daftar putar pribadi, sehingga pengguna dapat mencari lagu tanpa harus menggunakan fitur pencarian utama.

Fitur tambahan lainnya adalah tampilan Now Playing di sebelah kanan layar, yang menampilkan informasi tentang lagu atau podcast yang sedang diputar, termasuk tanggal tur dan merchandise dari artis untuk lagu, serta deskripsi episode untuk podcast.

Sisi kanan antarmuka awalnya digunakan untuk fitur Friend Activity, yang menampilkan lagu yang sedang didengarkan oleh teman pengguna. Namun, pada versi terbaru, fitur tersebut dipindahkan ke ikon yang terletak di bagian kanan atas layar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan