Rekomendasi Menu Idul Adha: Dendeng Serundeng, Sajian Praktis Paling Awet Enaknya

JABAR EKSPRES – Punya daging kurban banyak di kulkas, biasanya akan bingung mau diolah apa lagi. Jangan kuatir bila nanti stok daging melimpah saat Hari Raya Idul Adha bisa dibikin menu Dedeng Serundeng atau Dendeng Ragi yang nikmat.

Rekomendasi menu Idul Adha kali ini ada dendeng Serundeng atau dendeng ragi, yang memiliki cita rasa khas dari wangi kelapa yang setengah gosong.

Menu Idul Adha Dendeng Serundeng yang satu ini sangat praktis untuk di santap, karena tidak membutuhkan menu lain lagi, cukup dengan nasi hangat saja sudah sangat nikmat.

Selain itu, dendeng srundeng yang dimasak dengan cara yang benar, bisa tahan hingga berminggu-minggu. Sehingga kamu tidak akan repot harus berulang kali menghangatkan seperti hidangan bersantan lainnya.

Cukup kamu simpan di tempat yang kedap udara dan masukkan kedalam kulkas atau lemari es, maka Daging srundeng akan awet untuk dikonsumsi.

Mungkin cara pembuatannya memang akan memakan waktu sedikit agak lama, hal ini untuk memastikan bumbu meresap dan kelapa serundeng benar-benar kering dan tak memiliki kandungan air lagi.

Baca juga :  Rekomendasi Menu Idul Adha: Tengkleng Iga Kambing Segar Paling Nikmat

Meski memasaknya membutuhkan waktu lama karena harus selalu diaduk agar tidak gosong, namun perjuangan itu akan terbayar dengan cita rasanya yang sangat menggugah selera.

Menu yang satu ini banyak digemari oleh semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa bahkan lansia, karena gurih manis dari kelapanya yang memunculkan aroma nikmat.

Untuk kamu yang penasaran ingin mencoba membuatnya, kamu bisa mengikuti resep dari akun Instagram @lestrisahidin ini :

Resep Dendeng Serundeng

Bahan-bahan :

– 500 gr daging sapi tanpa lemak / bisa juga kambing
– 1 butir kelaoa ukuran sedang dan agak muda

Bahan bumbu halus :

– 15 butir baeang merah
– 7 siung bawang putih
– 1 ½ sdm ketumbar sangrai
– 5 buah kemiri
– 120 gr gula merah sisir
– garam secukupnya
– 1 sdm air asam jawa
– 2 cm kayu manis
– ½ sdt jinten
– 1 buah kapulaga

Baca juga : Menu Idul Adha : Tongseng Kambing Tanpa Santan Nikmat dan Sehat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan