Rekomendasi Menu Idul Adha: Tengkleng Iga Kambing Segar Paling Nikmat

JABAR EKSPRES – Saat memasuki Bulan Dzulhijjah berarti Hari Raya Idul Adha sudah didepan mata. Dengan begitu akan ada banyak daging kurban yang bisa diolah menjadi aneka masakan, berikut rekomendasi menu untuk Idul Adha selain rendang dan gulai, ada Tengkleng Kambing.

Masakan Tengkleng Kambing merupakan hidangan khas dari daerah Boyolali Jawa Tengah. Ada sejarah menarik tentang kuliner yang satu ini.

Menurut Wikipedia, Tengkleng Kambing yang berisi tetelan daging dan tulang kambing ini merupakan makanan rakyat kecil di jaman kasultanan di Solo.

Hal ini karena jaman dahulu, hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing.

Sementara kepala, kaki, dan tulang kambing yang tersisa baru diberikan untuk pekerja dan tukang masak.

Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang yang tentunya masih menempel sedikit daging atau disebut tetelan ini menjadi tengkleng.

Masakan Tengkleng Kambing yang paling enak adalah yang berasal dari Kraton Pengging di Boyolali, citasara olahan kambing dari daerah Pengging ini dikenal rasanya paling enak dan otentik.

Hal ini dimungkinkan terjadi karena daerah kasunanan surakarta menjadi sebuah kota yang ramai kala itu, sehingga banyak orang – orang dari wilayah Pengging, Boyolali yang menjajakan sajian olahan kambing di wilayah solo.

Baca juga : Menu Idul Adha : Tongseng Kambing Tanpa Santan Nikmat dan Sehat

Tengkleng ini merupakan sajian daging berkuah seperti gulai, namun santannya lebih encer dengan citarasa lebih segar.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa rasa Tengkleng, kamu bisa mencoba memasaknya sendiri dengan mengikuti resepnya berikut ini:

Resep Tengkleng Kambing

Bahan-bahan:

– 500 gram iga kambing dan tulang belulang
– 1 ruas serai, digeprek
– 1 ruas lengkuas, digeprek
– 3 lembar daun jeruk

Bahan bumbu halus:

– 5 siung bawang putih
– 7 butir bawang merah
– 3 buah cabai merah
– 1 buah bunga pekak
– 1/4 sdt jintan
– 1/2 sdt lada bubuk
– 2 buah kapulaga
– Kecap, gula, dan garam secukupnya

Baca juga :  Menu Idul Adha: Gulai Kambing Jadi Menu Paling Nikmat Saat Hari Raya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan