Perombakan Stasiun Cicalengka Ditolak Pegiat Literasi, Sebut Jangan Rusak Bangunan Bersejarah

JABAR EKSPRES – Keberadaan Stasiun Cicalengka tengah jadi sorotan publik, pasalnya bangunan yang dinilai bersejarah itu dikabarkan akan dibongkar alias dirombak dengan desain baru oleh PT KAI.

Menyikapi hal tersebut, Gabungan Penggerak Literasi Kecamatan Cicalengka, menggalang dukungan penolakan rencana perobohan Stasiun Cicalengka.

Salah seorang Penggerak Literasi Kecamatan Cicalengka, Nurul Maria Sisilia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar bangunan dengan nilai historis yang tinggi itu tak dirubah sedikit pun.

“Memang awalnya denger info bakal ada perubahan Stasiun Cicalengka, tapi baru info aja, belum detil,” kata Nurul kepada Jabar Ekspres, Selasa (20/6).

“Ditambah dapat kabar Stasiun Cicalengka akan ada double track? Gak tahu bakalan kapan dilakukan,” lanjutnya.

Nurul menerangkan, sorotan terhadap khawatirnya Stasiun Cicalengka dirubah baik dari konstruk bangunan awal hingga desainnya, ketika ada pemasangan spanduk pemberitahuan dari pihak PT KAI Daop 2 Bandung.

“Baru-baru ini ada spanduk permohonan maaf perjalanan anda terganggu dan ada gambaran Stasiun Cicalengka nantinya setelah perombakan. Karena itu saya dan kawan-kawan semakin khawatir,” terangnya.

Nurul menjelaskan, selain sudah adanya spanduk permohonan maaf, sejumlah besi untuk kerangka bangunan telah mulai dipasang di area Stasiun tersebut.

“Selain itu sekarang sudah mulai dipasang besi-besi tersusun di Stasiun Cicalengka bagian Timur, kalau yang Barat belum,” jelasnya.

Nurul tak berhenti berupaya, dia bersama kawan-kawan literasi mencoba menanyakan terkait proyek pembangunan ke PT KAI Daop 2 Bandung melalui sosial media.

“Saya coba tanya di sosmed pake akun twitter, terus akun PT KAI Daop 2 Bandung merespons, setelah komunikasi mereka menyatakan kalau perombakan bukan kewenangan,” ucapnya.

“Saya diarahkan berkoordinasi dengan BTP (Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Bandung),” tambah Nurul.

Dia mengungkapkan, setelah audensi bersama BTP 1 Bandung, Nurul bersama kawan-kawan literasi tak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Baik detil bangunan, desain hingga struktur Stasiun tersebut yang lama apakah akan dirobohkan atau keberadaannya tetap ada, tak satu pun dijelaskan pihak BTP 1 Bandung.

Dia berharap agar rencana perombakan Stasiun itu dibatalkan, jika memang perlu ada peningkatan pelayanan agar konstruk bangunan bersejarah itu tidak dirubah sedikit pun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan