Mau Tahu Berapa Lama Puasa Arafah? Simak Jadwal Berpuasa Terbaru di Idul Adha 2023!

JABAR EKSPRES -Ada yang penasaran, puasa Arafah berapa lama sih saat menjelang Idul Adha? Yuk, kita bahas bareng-bareng, biar nggak kebingungan.

Nah, menjelang Hari Raya Idul Adha, kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk puasa Arafah nih. Tapi, ada yang penasaran, puasa Arafah berapa lama sih? Yuk, kita bahas bareng-bareng, biar nggak kebingungan.

Jadi, puasa Arafah ini dilakukan selama satu hari aja, tepatnya pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Tapi, sebelumnya, ada juga anjuran Rasulullah SAW untuk berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, lalu puasa Asyura di tanggal 10 Muharram, puasa tiga hari setiap bulan, dan puasa awal bulan di hari Senin dan Kamis. Jadi, kita punya banyak pilihan puasa yang bisa dilakukan.

Oh iya, hukumnya puasa Arafah itu sunnah muakkad, alias dianjurkan banget. Tapi perlu diketahui, puasa ini hanya dianjurkan untuk kita-kita yang belum berangkat haji, ya. Bagi yang lagi menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, nggak disarankan puasa Arafah. Lebih baik fokus wukuf di Padang Arafah, sesuai dengan anjuran yang ada.

Jadi, puasa Arafah cuma dilaksanain sehari aja, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum kita rayain Hari Raya Idul Adha.

Untuk tahun ini, tanggal 9 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada tanggal 27 Juni 2023 kalau pake kalender Masehi. Jadi, udah bisa dicatet tuh di kalender kamu.

Kalau soal mulai melaksanakan puasa Arafah, caranya sama kaya puasa Ramadhan. Dimulai dari terbit fajar sampai matahari terbenam atau bedug maghrib. Jadi, kita harus tahan lapar dan haus dari pagi sampe matahari tenggelam.

Baca Juga: Idul Adha 1444 Hijriah Ditentukan jatuh pada 28 Juni, Arab Saudi Ungkapkan Melalui Pemantauan Hilal

Nah, puasa Arafah juga punya keutamaan lho. Salah satunya, dosa-dosa kita bisa diampuni sampe dua tahun ke belakang dan dua tahun ke depan. Wah, keren kan? Informasinya diambil dari hadis Rasulullah SAW yang bilang gitu. Jadi, kesempatan ini nggak boleh dilewatin, guys!

Oh iya, jangan lupa baca niat puasa Arafah ya sebelum memulainya. Niatnya bisa dibaca pas malam sebelum puasa atau kalau nggak sempet, bisa juga pas siang sebelum belom makan. Berikut adalah niatnya:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan