Kenapa Orang Terkena Virus Rabies Takut Air? Ini Penjelasannya!

JABAR EKSPRES – Saat ini tengah ramai di perbincangkan mengenai permasalahan kenapa orang yang terkena rabies takut dengan air.

Di bawah ini akan di jelaskan apa yang menjadi penyebab orang terkena rabies takut dengan air, untuk mengetahuinya kamu bisa terus menyimak artikel ini hingga akhir.

Rabies sendiri merupakan sebuah penyakit yang di sebabkan oleh virus yang dapat mengubah perilaku pada inang yang terinfeksi dengan berubah menjadi agresif.

Virus ini bisa tertular melalui gigitan atau cakaran dari hewan yang terinfeksi, virus ini memengaruhi hewan berdarah panas seperti anjing, kucing,dan juga kelalawar. Dan virus ini pun berpengaruh pada manusia.

Baca Juga: Cara Mencuci Sepatu Berwarna Putih agar Tetap Bersih!

Virus rabies selama satu sampai 3 bulan sering tidak aktif, namun secara perlahan virus ini akan menyerang sistem saraf pusat dan menimbulkan berbagai gejala.

Gejala yang biasa muncul seperti perilaku yang tidak normal, agresi, mulut berbusa dan hydrophobia, yang perlu di waspadai virus ini bisa menyebabkan kematian.

Jadi apa yang menyebabkan orang yang terkena rabies kenapa bisa takut dengan air?

Di ketahui penyebab hydrophobia berkembang dari rabies ganas, hal tersebut terjadi karena penyebaran rabies dari luka awal ke sistem saraf bagian pusat dan otak.

Jadi pada saat virus rabies masuk ke dalam tubuh, virus tersebut dapat menyebar ke sistem saraf pusat, otak dan juga ujung saraf, setelah itu virus menyebar pada kelenjar ludah dan organ tubuh lain seperti paru-paru dan ginjal.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur, Lakukan Cara Ini!

Hydrophobia sendiri merupakan rasa takut berlebihan terhadap air. Namun, perlu di ketahui bahwa hydrophobia sendiri bukan disebabkan trauma terhadap air, tapi hal ini merupakan sebuah gejala akibat infeksi rabies.

Hydrophobia terjadi pada tahapan akhir dari gejala yang di timbulkan dari infeksi virus rabies yang menyebabkan kejang yang tidak di sengaja dan akan terasa sakit pada tenggorokan pada saat minum atau berpikir akan meminum air.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan