Ini Tempat yang Akan di Kunjungi Kaisar Jepang saat di Indonesia

JABAR EKSPRES- Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Kojiro Shiojiri, mengumumkan bahwa kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia merupakan kunjungan pertamanya setelah naik tahta pada 1 Mei 2019.

“Dalam hal ini, ini adalah kunjungan pertama ke luar negeri setelah Kaisar naik tahta,” kata Sekretaris Pers Kojiro Shiojiri dalam pernyataannya di Jakarta pada hari Minggu.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan kunjungan selama lima hari ke Indonesia dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (17/6).

Sekretaris Shiojiri menyatakan bahwa Kaisar Naruhito mengunjungi Indonesia atas undangan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang mengunjungi Jepang pada bulan Juli tahun lalu.

Shiojiri juga menyebutkan bahwa Kaisar Naruhito sangat ingin melihat secara langsung perkembangan hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Selain itu, disebutkan bahwa tahun ini memiliki makna penting karena hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang sudah mencapai 65 tahun, dan 50 tahun hubungan antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang.

Shiojiri mengatakan bahwa Kaisar Naruhito mengunjungi dua tempat di Jakarta, yaitu Depo MRT Lebak Bulus dan Stasiun Pompa Waduk Pluit, pada hari Minggu.

Selama kunjungan ke Depo MRT Lebak Bulus, Shiojiri menyebutkan bahwa Kaisar Naruhito menanyakan banyak hal dan mendapatkan penjelasan rinci dari para ahli dari Indonesia dan Jepang.

“Selama empat tahun (sejak diresmikan), ada satu pencapaian, yaitu tidak pernah terjadi kecelakaan, dan tingkat ketepatan waktu operasional mencapai 99,9 persen,” kata Shiojiri.

Shiojiri menambahkan bahwa pihak MRT menekankan bahwa mereka mengutamakan keamanan dan kualitas pelayanan, termasuk fasilitas bagi orang dengan disabilitas.

Dalam kunjungan ke Waduk Pluit, Shiojiri mengatakan bahwa Kaisar Naruhito sangat tertarik dengan manajemen air dan mengajukan banyak pertanyaan selama kunjungan tersebut.

“Di Pluit, karena Kaisar memiliki pengetahuan yang luas tentang manajemen air, beliau mengajukan banyak pertanyaan teknis,” kata Shiojiri.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor pada tanggal 19 Juni, dan akan mengunjungi Yogyakarta pada tanggal 21 Juni sebelum kembali ke Jepang pada tanggal 23 Juni.

Tinggalkan Balasan