Komisi C Dukung Pembangunan TPST Dengan Suntikan Teknologi Mumpuni

JABAR EKSPRES – Komisi C DPRD Kota Bandung mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Hanya saja, menurut para wakil rakyat, TPST itu juga perlu didukung dengan teknologi mumpuni berbasis lingkungan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi C DPRD Agus Gunawan, Minggu (18/6). “Saya mendukung, tapi perlu didukung juga dengan teknologi berbasis lingkungan,” jelasnya.

Agus menguraikan, pembangunan TPST memang menjadi salah satu langkah untuk menekan penumpukan sampah di Kota Bandung. Tujuannya juga agar volume sampah yang diangkut ke TPA bisa berkurang.

Politikus Partai Demokrat itu melanjutkan, selain TPST, upaya pemilahan sampah di tingkat kelurahan hingga RW patut untuk terus digencarkan. “Sekarangkan ada pemahaman baru, jadi sampah sudah bisa dipilah dari rumah,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Komisi C Yudi Cahyadi menambahkan, pelibatan masyarakat atau partisipasi masyarakat dalam menekan volume sampah menjadi hal yang cukup penting dalam menuntaskan masalah sampah kota. “Harapannya sampah bisa dikurangi mulai dari sumbernya,” tuturnya selepas Sosialisasi Kang Pisman untuk Rukun Warga (RW) Sub Wilayah Kota (SWK) Tegallega di Padepokan Seni Mayang Sunda, Minggu (18/6).

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kota Bandung pada 2022 mencapai 2.461.533 jiwa. Dengan jumlah itu maka potensi sampah rumah tangga di Kota Bandung juga tidak sedikit.

Yudi menambahkan, langkah berikutnya juga perlu dakukan Pemkot adalah pengoptimalan TPS. Karena proses pemilahan sampah di tingkat rumah tangga tidak menutup kemungkinan masih menyisakan residu.

Sehingga TPS – TPS di Kota Bandung perlu diptimalkan. Pemanfaatan teknologi yang mutakhir dalam mengolah sampah juga patut jadi perhatian untuk optimalisasi TPS. Penerapan metode Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) perlu bisa berjalan dengan baik.

Seperti yang diketahui, Pemkot Bandung terus berupaya mewujudkan Kawasan Bebas Sampah di setiap kelurahan. Salah satunya melalui pembangunan TPST. Salah satunya, Pemkot Bandung akan membangun TPST di Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan