Diusung PDIP Jadi Bakal Capres Pemilu 2024, Analis Politik: Ganjar Pranowo Harus Perkuat Konsolidasi

JABAR EKSPRESGanjar Pranowo sejak diusung PDIP sebagai bakal Capres di Pemilu 2024 disoroti Analis politik Ipsos Public Affairs Arif Nurul Iman.

Analis politik tersebut mengatakan bahwa bakal Capres PDIP, Ganjar Pranowo dan partai pendukung harus memperkuat konsolidasi.

Tujuan dari bakal Capres PDIP, Ganjar Pranowo dan partai memperkuat konsolidasi, lanjutnya, untuk mempertahankan dan memperluas dukungan.

BACA JUGA: Direkomendasikan Jadi Bakal Capres Dampingi Ganjar Pranowo, Sandiaga Uno: Ini Tugas yang Sangat Berat

Tak hanya itu, ia juga menilai persaingan merebut suara antara Ganjar Pranowo dengan bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto cukup ketat.

“Yang diperkuat tentu soal konsolidasi dan merebut hati masyarakat, sebab elektabilitas Ganjar hari ini di bawah Prabowo Subianto,” kata Arif, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Minggu, 18 Juni 2023.

Menurut Arif, Ganjar Pranowo sudah mengantongi modal cukup kuat untuk bisa mendaftar sebagai Capres.

Sebagai informasi Gubernur Jawa Tengah itu saat ini mendapat dukungan dari PDIP, Perindo, PPP, dan Partai Hanura.

Adapaun total kursi partai itu di parlemen lebih dari 27 persen.

Meskipun demikian, Arif mengatakan banyaknya dukungan dari partai politik belum tentu sejalan dengan kenaikan elektabilitas bakal Capres.

“Dukungan Perindo pada Ganjar tentu menambah energi politik.

Hal ini karena Perindo, meski belum lolos ke parlemen, tapi memiliki struktur partai dan topangan media yang kuat,” lanjutnya.

Kini Ganjar Pranowo semakin aktif keliling daerah untuk konsolidasi dengan pengurus partai pendukung serta menemui dan mendengar aspirasi masyarakat.

Ganjar Pranowo berkunjung ke Bali pada Jumat, 16 Juni 2023 dan dijadwalkan menemui masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 18 Juni 2023 hari ini.

Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat mengatakan kedatangan Ganjar Pranowo ke Lombok yang bertepatan dengan Bulan Bung Karno itu menjadi penting dan strategis.

Hal itu dalam konteks pemenangan dan konsolidasi organisasi partai menyongsong Pemilu 2024.

Ganjar Pranowo bersama tim dan sejumlah pengurus DPP PDIP juga akan menghadiri konsolidasi pemenangan di Kantor DPD PDIP NTB di Mataram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan