Pemilihan Ketua Osis dengan Demokrasi! SMP Negeri 4 Palu

JABAR EKSPRES – Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024 masih beberapa bulan lagi sebelum dilaksanakan secara resmi pada tanggal 14 Februari mendatang. Namun, di SMP Negeri 4 Palu, Pemilu telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023 yang lalu.

Pemilu yang dimaksud di sini bukanlah untuk memilih pasangan presiden dan wakil presiden atau calon anggota legislatif, melainkan Pemilihan Ketua Osis (Pemilos) untuk periode 2023-2024.

Baca Juga: SMAN 2 Cimahi Berusaha Memberikan Informasi Terbaik PPDB!

Melansir dari berbagai sumber, kegiatan Pemilos ini diadakan oleh Komisi Pemilihan Osis bekerja sama dengan KPU Kota Palu dengan tema “Suara Demokrasi: Menciptakan Generasi yang Memiliki Rasa Demokratis, Jujur, Sportif, dan Bertanggung Jawab”. Pemilos dilakukan dengan cara mencoblos langsung pasangan calon ketua dan wakil Ketua Osis, dan hanya diikuti oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8.

Sebelum pemungutan suara dilakukan, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh Komisi Pemilihan Osis, antara lain Penetapan Daftar Pemilih Tetap, Pendaftaran Pasangan Calon, Kampanye dengan penyampaian visi dan misi, hingga tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara. Terdapat 3 pasangan calon ketua Osis yang bertarung dalam pemilihan ini.

Menariknya, dibangunlah 2 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melayani pemilih. Setiap TPS dilengkapi dengan 7 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang diawasi oleh 1 orang Petugas TPS (PTPS), serta saksi dari ketiga pasangan calon Ketua Osis yang telah ditunjuk.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, mengungkapkan harapannya agar kegiatan Pemilihan Ketua Osis ini dapat menjadi pembelajaran demokrasi bagi siswa-siswi, sehingga mereka dapat memahami nilai-nilai demokrasi sejak dini.

Baca Juga: Pendaftaran SMA Swasta Diminati, Berani Pasang Biaya Lebih Mahal Tapi Jaminan Kualitas

Osis sebagai organisasi di lingkungan sekolah dianggap sebagai tempat yang tepat untuk mengembangkan pemahaman tentang demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Agussalim Wahid juga menekankan pentingnya prinsip-prinsip demokrasi seperti hak pilih, menghargai perbedaan, dan keberanian dalam mengungkapkan pendapat kepada siswa-siswi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua dan Anggota KPU Kota Palu, Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Nisbah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Kepala Sekolah dan Guru SMP Negeri 4 Palu, serta pihak Sekolah dan para orang tua siswa-siswi SMP Negeri 4 Palu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan