Microsoft Hentikan Pembuatan Game Baru untuk Xbox One, Kenapa?

JABAR EKSPRES- Microsoft mengumumkan bahwa studio pengembang game internal mereka akan menghentikan produksi game baru untuk konsol Xbox One.

Dalam wawancara dengan Axios yang dikutip dari The Verge pada hari Jumat, kepala Xbox Game Studio, Matt Booty, mengatakan, “Kami akan beralih ke Generasi 9,” merujuk pada konsol generasi terbaru Xbox Series X/S.

Meskipun Microsoft masih akan mendukung perangkat keras dan game Xbox One yang ada, seperti “Minecraft” untuk generasi konsol sebelumnya, tidak akan ada lagi game baru yang dikembangkan oleh studio internal untuk Xbox One.

Microsoft menggunakan Xbox Cloud Gaming untuk memberikan game seperti “Microsoft Flight Simulator” kepada pengguna Xbox One. Pada acara Xbox Games Showcase yang baru-baru ini diadakan, tidak ada game khusus yang dipersembahkan untuk Xbox One.

Booty menjelaskan bahwa perusahaan akan terus memanfaatkan Xbox Cloud Gaming untuk menyediakan game terbaru kepada pengguna Xbox One. Dia mengatakan, “Itulah cara kami memberikan dukungan (untuk Xbox One).”

Pengembang game Microsoft saat ini fokus pada konsol Xbox Series S/X, meskipun ada klaim bahwa beberapa pengembang meminta Microsoft untuk membatalkan kompatibilitas Xbox Series S untuk game Xbox terbaru.

Xbox Series S, dengan harga $299, diluncurkan sebagai konsol yang mampu memainkan game dengan resolusi 1440p hingga 120fps. Namun, beberapa game hanya mencapai resolusi 1080p dan tidak memiliki frame rate yang lebih tinggi dibandingkan Xbox Series X yang lebih kuat.

Xbox Series X yang lebih kuat memiliki daya GPU yang lebih tinggi dan RAM 16 GB yang lebih besar dibandingkan dengan Xbox Series S yang hanya memiliki RAM 10 GB.

Keterbatasan memori menjadi hambatan bagi beberapa pengembang, namun Microsoft sedang berusaha meningkatkan kinerja grafis Xbox dan menyediakan lebih banyak memori yang dapat diakses pengembang di Xbox Series S.

Booty mengakui bahwa mengatasi kendala tersebut akan menjadi tantangan bagi pengembangan Xbox Series S, tetapi dia meyakinkan bahwa studio game Xbox milik Microsoft dapat mencapai performa yang baik dalam game terbaru mereka yang dikembangkan untuk Xbox Series S.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan