Masa Sanggah PPDB Tahap 1 Selesai, Disdik Jabar: Hanya 20 Persen Sekolah yang Lakukan Verifikasi

JABAR EKSPRES  –  Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 tingkat SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) untuk tahap pertama telah selesai sejak  10 Juni 2023.

Sehingga untuk saat ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar tengah melakukan serangkaian evaluasi bersama Seluruh Kantor Cabang Dinas (KCD).

“Jadi yang saat ini kita kejar adalah bagaimana proses verifikasi dari sekolah. Karena kalau tidak segera di verifikasi, anak itu (pendaftaran PPDB), tidak akan muncul dalam website,” ujar sekertaris Disdik Jabar, Yesa Sarwadi Hamiseno, di Bandung, Kamis 15 Juni 2023.

Yesa mengaku pada proses pendaftaran PPDB tahap pertama kemarin, masih banyak pihak sekolah yang belum melakukan verifikasi terhadap para calon siswanya.

BACA JUGA: Harga Kios Baru Pasar Banjaran Dinilai Mahal, Bupati Bandung: Sudah Bisa Dinegosiasi

Bahkan dari sekian ribu pendaftar, Yesa menyebut baru sekitar 20 persen sekolah yang telah melakukan verifikasi.

“Jadi itu yang kita kejar, tapi Alhamdulillah sejak hari Senin (12/6) kemarin, itu semua sudah terverifikasi. Dan sudah masuk masa sanggah untuk peserta didik,” katanya.

Didamping masa sanggah, Yesa mengungkap pihaknya bersama seluruh KCD tengah melakukan evaluasi terkait dengan proses memasukan skor bagi pendaftar yang melalui jalur prestasi.

“Untuk proses yang sekarang ditahap satu itu adalah, kita sedang mengevaluasi proses untuk memasukan skor dari jalur prestasi kejuaraan, terus nanti kita akan ada rapat dengan satuan pendidikan untuk menetapkan siapa saja yang masuk di tahap satu itu. Baru nanti di hari Selasa (20/6), kita umumkan di jam 00.00 wib (siswa yang lolos),” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik (PPDB) untuk tahap pertama di tahun ajaran 2023/2024 untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) tercatat Dinas Pendidikan (Disdik) mencapai 317.531 pendaftar.

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya menjelaskan bahwa angka tersebut meliputi sebanyak 55,3 persen melakukan pendaftaran ke SMA, dan 44,7 persen ke SMK.

“Jumlah yang paling banyak (melakukan pendaftaran) itu di KCD (Kantor Cabang Dinas) wilayah 3 yaitu di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (12/6/2023).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan