Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkot Cimahi Gelar Pameran Produk dan Fashion Show

JABAR PASS  – Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian menggelar kegiatan Fashion Show serta produk IKM dan Industri.

Acara ini diselenggarakan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi kota sekaligus memperingati Hari Jadi Kota Cimahi ke 22 tahun.

Kegiatan ini diikuti oleh desainer dan pelaku IKM fashion tekstil dan produk tekstil, sektor makanan dan minuman, kerajinan, serta fashion tekstil dan produk tekstil, furniture, juga seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

BACA JUGA: Bupati Bandung Respons 7 Tuntutan Para Pedagang Pasar Banjaran: Ada Titik Terang

“Diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar pegawai, kemudian sebagai wadah apresiasi untuk pelaku IKM dan industri di Kota Cimahi serta peningkatan sinergitas serta kolaborasi antara dunia usaha industri dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Dadan Darmawan.

Ia menjelaskan, gelaran produk IKM dan industri ini merupakan upaya mengenalkan brand dan produk IKM dan industri Kota Cimahi guna mewujudkan IKM dan industri yang berdaya saing serta menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Kemudian juga sebagai program bela beli produk lokal Kota Cimahi melalui peningkatan penggunaan produk dalam negeri,” kata dia.

Senada, Pj Sekretaris Daerah Kota Cimahi yang juga Plh Wali kota Cimahi Maria Fitriana menjelaskan, sektor industri pengolahan memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi sebuah negara atau daerah. Hal ini terlihat dalam kontribusi sektor industri pengolahan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia selalu tertinggi.

“Demikian pula halnya kontribusi industri pengolahan terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Jawa Barat dan Kota Cimahi selalu tertinggi,” jelas Fitriana.

Pada tahun 2021 hingga 2022, kontribusi PDRB berturut-turut sekitar 41,80% dan 42,24% serta 46,33% dan 47,86%. Juga industri kecil dan menengah (IKM) merupakan salah satu sektor pada usaha kecil dan menengah yang menekankan proses industri atau pengolahan dalam aktivitasnya.

“Pada momentum hari jadi Kota Cimahi ke-22 tahun ini, saya mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas pencapaian pembangunan yang telah dilaksanakan,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan