Surat Al Kahfi Lengkap 1-110 Ayat, Hafalkan Agar Terlindung dari Fitnah Dajjal

JABAR EKSPRES – Memasuki hari jumat atau tepatnya hari kamis selepas magrib adalah waktu yang tepat untuk membaca Surat Al Kahfi secara lengkap dari ayat 1-110.

Kenapa surat Al Kahfi yang harus dibaca lengkap pada hari jumat? Diantara banyaknya surat dalam Alquran, ternyata surat Al Kahfi memiliki banyak keutamaan terutama bila dibaca secara lengkap di hari jumat.

Meskipun ada juga yang hanya menghafal surat Al Kahfi 10 ayat pertama saja tidak secara lengkap, karena diyakini akan bisa melindungi dari fitnah Dajjal.

Surat Al Kahfi bila diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna Para Penghuni Gua. Al Kahfi termasuk golongan surat Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Baca juga : Doa Malam Jumat Lengkap, QS Yasin, Tahlil dan QS Al Kahfi

Ada beberapa Keutamaan bila kita rutin membaca Surat Al Kahfi secara lengkap di hari jumat, tepatnya dari kamis malam ba’da magrib hingga jumat siang sebelum jumatan.

Beberapa keutamaan tersebut diantaranya :

1. Membaca Al Kahfi akan Disinari Cahaya antara dirinya dengan ka’bah

Dilansir Rumaysho.com, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengatakan dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah.” (HR Ad-Darimi nomor 3470 dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahihul Jami’ 6471)

2. MEmbaca Al Kahfi akan Disinari antara dua Jumat

Selanjutnya dalam riwayat lain juga menunjukkkan keutamaan jika membaca surat Al Kahfi secara lengkap, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim nomor 6169, Baihaqi: 635, dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahihul Jami’ 6470)

3. Menghafal Al Kahfi akan  Dilindungi dari Fitnah Dajjal

Kemudian dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi secara lengkap akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan