Dispernakan Bandung Barat Seleksi Sapi Kurban Untuk Presiden Jokowi

Jabar Ekspres – Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyeleksi sapi yang akan dijadikan kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada perayaan idul adha.

Berdasarkan catatan Dispernakan Kabupten Bandung Barat, sedikitnya ada dua ekor sapi yang tengah dilakukan seleksi. Sapi-sapi yang diseleksi itu dari dua kecamatan, yakni Cisarua dan Lembang.

“Seleksi atau tes dilakukan nanti di Balai Veteriner. Seleksi ini dilakukan menyusul maraknya kasus PMK maupun LSD yang menjangkiti ternak,” ujar Kepala Bidang (Keswan) Dispernakan Kabupaten Bandung Barat, Acep Rohimat saat dihubungi, Kamis 15 Juni 2023.

BACA JUGA: Pemkab Bogor dan Dubes Korea Selatan Ubah TPA Jadi Hutan Kota

Menurutnya, sapi-sapi yang direkomendasikan pun bobotnya berkisaran 1,1 ton dari peternak di Kecamatan Cisarua dan Lembang. Namun, hanya satu ekor terpilih yang beratnya paling besar dan yang paling sehat serta tidak memiliki cacat.

“Jenis sapinya limosin, dan seleksinya harus benar. Mulai dari bebas penyakit, lalu dilihat juga dari umur sapinya,” katanya.

Di sisi lain, untuk suplai hewan kurban berupa kambing dan sapi di Bandung Barat pada saat Idul Adha dipastikan cukup. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada hewan-hewan yang akan dijual oleh para pedagang atau peternak.

“Pemeriksaan hewan sedang berjalan, sementara untuk label sehat hewan kurban sendiri kita akan mulai pada 22 juni sampai H-1 Iduladha. Untuk hewan kurban di Bandung Barat sementara ini cukup,” bebernya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo pada Iduladha 2022 lalu, memilih sapi berukuran jumbo asal Kampung Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebagai hewan kurbannya.

Terpilihnya sebagai sapi kurban Presiden Jokowi melalui proses seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Bandung Barat serta Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Jawa Barat Tawarkan Peluang ke Ratusan Investor Jepang dan Korea Selatan

Lalu pada Iduladha 2021 lalu, sapi berbobot kurang lebih 1 ton dari Kabupaten Bandung Barat terpilih menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo. Sapi jenis simental itu milik Agus Sumartono (50), peternak Kampung Pangragajian, RT 02/04, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan