Pemkab Bogor dan Dubes Korea Selatan Ubah TPA Jadi Hutan Kota

Jabar Ekspres – Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Duta Besar Korea Selatan dan Yayasan Korindo melakukan penanaman pohon di Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (15/6).

PLT Bupati Bogor Iwan Setiawan menargetkan membangun satu hutan kota setiap tahunnya guna menjaga keseimbangan ekosistem di Kabupaten Bogor.

“Kami berupaya membangun banyak hutan kota, untuk menjaga keseimbangan ekosistem, menghasilkan udara yang bersih, menjaga ketersediaan air tanah, mengurangi resiko banjir sekaligus menciptakan keteduhan keindahan dan tempat rekreasi bagi masyarakat,” kata Iwan Setiawan kepada media.

BACA JUGA: Jawa Barat Tawarkan Peluang ke Ratusan Investor Jepang dan Korea Selatan

Hutan Kota Pondok Rajeg Kabupaten Bogor sendiri memiliki peran dan fungsi yang strategis di lingkup regional Jabodetabek sebagai sumber resapan air.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bogor juga telah membangun Hutan Kota Pakansari seluas 2,39 hektar hasil kerjasama dengan pihak Korindo Foundation yang terjalin sejak tahun 2019 lalu dan diresmikan pada tahun 2023.

“Kami juga ke depannya berencana akan kembali membangun Hutan Kota Tegar Beriman seluas 2,7 hektar dan Hutan Kota Cibinong seluas 3 hektar,” tambahnya.

Iwan mengapresiasi kepada Korindo Group yang telah konsisten berkontribusi mendukung pembangunan daerah Kabupaten Bogor, melalui Corporate Social Responsibility atau CSR.

“Besar harapan kami kedepan Yayasan Korindo dapat terus mendukung program pembangunan lainnya di Kabupaten Bogor misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, infrastruktur, pengembangan ekonomi, pembangunan olahraga dan lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Korindo, Robert Seung mengatakan, revitalisasi Kawasan Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pondok Rajeg Cibinong seluas 7 hektar merupakan kolaborasi antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor, bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Korea Selatan dengan Indonesia.

Kata dia, kolaborasi ini bukan yang pertama kali karena sebelumnya juga telah dilakukan Green Collaboration, yakni penghijauan hutan kota di Pakansari pada tahun 2019 silam.

“Melalui kegiatan ini, dapat mempererat kerjasama antara Yayasan Korindo dengan Pemkab Bogor yang telah terjalin dengan baik. Sehingga kami kedepannya bisa lebih banyak membangun hutan kita baru di Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan