PLN UID Jabar Resmi Aplikasikan Digitalisasi Rantai Pasok Material

JABAR EKSPRESPLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat  (UID Jabar) resmi mengimplementasikan aplikasi Material Return and Warehouse Inventory (MRWI), yang terintegrasi dengan Aplikasi Gudang Online ke seluruh wilayah Jawa Barat.

Aplikasi yang diresmikan PLN UID Jabar pada 6 Juni 2023 tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan efisiensi perusahaan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia berharap transformasi PLN pada sistem rantai pasok terebut bisa meningkatkan kualitas layanan PLN kepada masyarakat.

”Dengan digitalisasi sistem rantai pasok, maka setiap kebutuhan pelanggan, mulai dari keluhan, penyambungan baru, hingga tambah daya dapat dilayani dengan cepat dan tepat,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya MRWI, material retur menjadi teroptimalisasi penggunaannya, material retur yang diterima oleh petugas gudang akan terinput dalam sistem yang komprehensif dan terintegrasi (membantu identifikasi dan pengelolaan material retur). Sehingga, petugas dapat memantau material retur secara real time.

”Material return sendiri adalah material hasil bongkaran yang dikembalikan di gudang dengan berbagai kondisi seperti, material siap dipakai lagi, material yang dapat diklaim garansi ke supplier dan material rusak,” jelasnya.

PLN UID Jabar telah mengimplementasikan MRWI di 17 UP3 dan 1 UP2D serta 92 ULP se-Jawa Barat. Saat MRWI diuji coba pada bulan April hingga Mei, total saving cost untuk UID Jawa Barat melalui implementasi MRWI ini mencapai 22,7 milyar rupiah.

Lebih lanjut, Susiana menegaskan bahwa PLN akan terus berupaya mengintegrasikan seluruh sistem digital yang berkaitan dengan material dan aset sehingga pengelolaan aset dapat dilakukan secara end-to-end hingga menciptakan optimasi nilai inventori.

”Ini semua merupakan wujud nyata komitmen kami terhadap transformasi PLN,” tutup Susiana. (rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan